Tujuan
dan Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan
Bab
I
Pendahuluan
A. Latar
Belakang
Pengetahuan tentang Psikologi perkembangan
sangat bermanfaat bagi kita, khususnya bagi kita seorang calon pendidik Dengan
mempelajari psikologi perkembangan, setidaknya kita dapat mengendalikan prilaku
sendiri dalam mendidik dan membimbing peserta didik menuju
tujuan yang di inginkan atau dengan memahami latar belakang perilaku anak, remaja,
dewasa dan orang tua, maka kita akan mengetahui banyak
hal tentang faktor-
faktor penyebab terjadinya perilaku individu.
Psikologi perkembangan
merupakan alat bagi seorang pendidik, karena psikologi
perkembangan inidimaksudkan untuk melengkapi
berbagai motiv pendidikan dengan fokus
kajian untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang karakteristik anak
didik. Melalui pemahaman tersebut, selanjutnya guru dapat merumuskan desain
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan peserta didiknya.
Dalam upaya pemahaman yang mendalam tentang
psikologi perkembangan individu atau anak, maka bagi para pendidik, orang tua, atau siapa saja yang
berkepentingan dalam pendidikan anak, perlu mengetahui tujuan dan manfaat
mempelajari psikologi perkembangan karna mengetahui
tujuan, manfaat bagi calon guru maupun guru itu adalah langkah awal agar
pembelajaran bisa terlaksana dengan lancar dan bisa sesui keinginan atau target
dalam pembelajaran.
B. Rumusan
Masalah
1.
Apa
saja tujuan mempelajari psikologi perkembangan bagi pendidik ?
2.
Apa
saja tujuan mempelajari psikologi perkembangan bagi peserta didik ?
3.
Apa
manfaat dari mempelajari psikologi perkembangan bagi pendidik ?
4.
Apa
manfaat dari mempelajari psikologi perkembangan bagi peserta didik ?
C. Tujuan
Penulisan
1. Untuk mengetahui Tujuan mempelajari psikologi
perkembangan bagi pendidik
2.
Untuk
mengetahui Tujuan mempelajari psikologi perkembangan bagi peserta didik
3.
Untuk
mengetahui Mempelajari psikologi perkembangan bagi pendidik
4.
Untuk
mengetahui Mempelajari psikologi perkembangan bagi peserta didik
Bab II
Pembahasan
1. Tujuan
Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Pendidik
a. Dapat memilih dan
memberikan materi pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak
didik pada tiap tingkat perkembangan tertentu.
b.
Dapat memilih metode pengajaran dan menggunakan bahasa yang
sesuai dengan tingkat perkembangan pemahaman murid – murid.[1]
c.
Memahami bentuk-bentuk gejala psikologis individu (siswa) secara
umum dalam bentuk sikap dan tingkah laku selama mengikuti proses pembelajaran.
d.
Membantu dan memahami karakter siswa dalam mengembangkan
berbagai jenis kemampuan dan potensi yang dimiliki dalam bentuk proses-proses
pembelajaran yang berbasis pengembangan siswa.
e.
Memehami bagaimana seharusnya pelaksanaan proses belajar dan
pembelajaran agar tercapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif.
f.
Membantu siswa menyelesaikan program pembelajaran sehingga
dengan pemahaman guru tentang psikologi pendidikan dapat memberikan bantuan
pada siswa dalam menyelesaikan program-program pembelajaran sampai tuntas.[2]
2. Tujuan
Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Peserta Didik
a.
Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik, baik
secara fisik, kognitif, maupun psikososial.
b.
Memberikan, mengukur dan menerangkan perubahan dalam tingkah
laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia yang
mempunyai ciri-ciri universal, dalam artian yang berlaku bagi anak-anak di mana
saja dan dalam lingkungan sosial-budaya mana saja.
c.
Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada
tahapan atau masa perkembangan tertentu.
d.
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang
menimbulkan reaksi yang berbeda.
e.
Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang,
seperti kenakalan-kenakalan, kelainan-kelainan dalam fungsionalitas inteleknya,
dan lain-lain.[3]
3. Manfaat
Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Pendidik
a. Dapat
menghadapi anak didiknya secara ketat sesuai dengan sifat-sifat khas yang
ditampilkan anak didiknya. Contoh
: anak berumur 6-12 tahun yang perkembangannya normal menunjukkan tingkah laku
produktif tinggi (erikson,1960). Pada periode ini anak ingin berbuat sesuatu
yang menunjukkan hasil, memiliki ide yang banyak, yang ingin ditampilkannya.
Oleh karena itu guru hendaknya memberi kesempatan dan rangsangan agar anak
dapat mengembangkan berbagai keterampilan di samping itu yang lebih penting
lagi adalah sikap guru yang menghargai ide dan berbagai ciptaan anak didiknya
dengan sengaja, bukan hanya secara sambil lalu. Jika guru melakukan hal itu
maka dalam diri anak akan timbul perasaan yakin diri bahwa ia mampu dan harga
dirinya akan meningkat.
b. Dapat
memilih dan menetukan tujuan, materi, alat, dan strategi pembelajaran yang
sesuai dengan tingkat kemampuan intelektual anak didik. Siswa sekolah dasar
khususnya kelas rendah, sedang dalam tahap berfikir konkrit permulaan. Oleh
karena itu tujuan belajar hendaknya yang sederhana dan dalam bentuk tingkah
laku yang jelas. Demikian pula materi belajar hendaknya terkait dengan
pengalaman anak yang ada disekitarnya. Contoh : Anak dalam belajar membaca,
maka materi belajar hendaknya terdiri dari kata-kata yang pernah dialami anak melalui pengalaman lingkungan.
c. Dapat mengadapi anak didik dengan benar dalam
membantu membentuk tingkah laku yang benar. Guru yang mempelajari psikologi
perkembangan menyadari bahwa anak yang dihadapinya adalah sedang dalam proses
perkembangan. Contoh : Wajarlah anak melakukan kesalahan dalam tingkah laku,
karena kekrang tahuan dan kekurang mampuannya.
d.
Dapat terhindar dari pemahaman yang salah
tentang anak, khususnya tentang keragaman yang mempengaruhi kemampuannya dalam
belajar. Ada anak yang cepat dan ada anak yang
lambat perkembangan kemampuannya.Sebagai contoh : memperlakukan anak di dalam
kelas tidaklah sama, karena pada prinsipnya akan kita jumpai paling tidak tiga
kelompok anak taraf kemampuanyang berbeda yaitu anak yang berkemampuan tinggi,
sedang, dan rendah.[4]
e.
Memberikan Bimbingan Kepada Peserta
Didik. Seorang guru harus
memainkan peran yang berbeda di sekolah, tidak hanya dalam pelaksanaan
pembelajaran, tetapi juga berperan sebagai pembimbing bagi peserta didik.
Bimbingan adalah jenis bantuan kepada siswa untuk memecahkan masalah yang
mereka hadapi. Pengetahuan tentang psikologi pendidikan memungkinkan guru untuk
memberikan bimbingan pendidikan dan kejuruan yang diperlukan untuk siswa pada
tingkat usia yang berbeda-beda.
f.
Mengevaluasi Hasil Pembelajaran. Guru harus melakukan dua kegiatan penting di dalam kelas seperti
mengajar dan mengevaluasi. Kegiatan evaluasi membantu dalam mengukur hasil
belajar siswa. Psikologi pendidikan dapat membantu guru dan calon guru dalam
mengembangkan evaluasi pembelajaran siswa yang lebih adil, baik dalam teknis
evaluasi, pemenuhan prinsip-prinsip evaluasi maupun menentukan hasil-hasil
evaluasi.[5]
4. Manfaat
Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Peserta Didik
a.
Pengetahuan tentang perkembangan dapat membantu kita dalam
memberikan respons yang tepat terhadap perilaku tertentu seorang anak.
b.
Dengan pengetahuan perkembangan peserta didik, seorang guru akan
dapat memberikan harapan yang realistis terhadap anak dan remaja.
c.
Pengetahuan tentang perkembangan memungkinkan para guru
memberikan bimbingan belajar yang tepat kepada anak.[6]
d.
Studi perkembangan dapat membantu kita memahami diri sendiri.Melalui
psikologi perkembangan
kita akan
mendapatkan wawasan dan pemahaman perjalanan hidup kita sendiri seperti pada
masa bayi,anak,remaja atau dewasa. bagaimana hidup kita kelak ketika kita bertumbuh
sepanjang tahun menjadi seseorang yang dewasamempelajari psikologi perkembangan akan memberikan banyak informasi tentang siapa kita, bagaimana
kita dapat seperti ini dan kemana masa depan akan membawa kita.[7]
e.
Pengetahuan perkembangan peserta didik dapat membantu guru
mengenali kapan perkembangan normal yang sesungguhnya dimulai. Dengan
pengetahuan tentang perkembangan normal ini, guru bisa menyusun pedoman dalam
bentuk skala tinggi-berat, skala usia-berat, skala usia-mental, dan skala
perkembangan sosial atau emosional.
f.
Dengan mengetahui pola normal perkembangan, memungkinkan para
guru untuk sebelumnya mempersiapkan anak menghadapi perubahan yang akan terjadi
pada tubuh, perhatian dan perilakunya.
g.
Pengetahuan tentang perkembangan memungkinkan para guru
memberikan bimbingan belajar yang tepat pada anak.[8]
Bab III
Kesimpulan
I.
KESIMPULAN
1.
Tujuan
Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Pendidik yaitu Dapat memilih dan
memberikan materi pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak
didik; Dapat memilih metode pengajaran dan
menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan pemahaman murid;
Memahami bentuk gejala psikologis individu (siswa) secara umum;Membantu dan memahami
karakter siswa dalam mengembangkan berbagai jenis kemampuan dan potensi yang
dimiliki; Memehami bagaimana seharusnya pelaksanaan proses belajar dan
pembelajaran agar tercapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif; Membantu
siswa menyelesaikan program pembelajaran; dapat memberikan
bantuan pada siswa dalam menyelesaikan program-program pembelajaran sampai
tuntas.
2.
Tujuan
Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Peserta Didik yaitu Mempelajari
karakteristik umum perkembangan peserta didik;Mempelajari
perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan atau masa perkembangan
tertentu;Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan
reaksi yang berbeda; Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang
dialami seseorang.
3.
Manfaat
Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Pendidik yaitu Dapat
menghadapi anak didiknya secara ketat; Dapat memilih dan menetukan tujuan,
materi, alat, dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan
intelektual anak didik; Dapat
menghadapi
anak didik dengan benar dalam membantu membentuk tingkah laku yang benar; Dapat
terhindar dari pemahaman yang salah tentang anak; Memberikan Bimbingan Kepada Peserta Didik;Mengevaluasi Hasil Pembelajaran.
4.
Manfaat
Mempelajari Psikologi Perkembangan Bagi Peserta Didik yaitu Pengetahuan tentang
perkembangan dapat membantu kita dalam memberikan respons yang tepat;Dengan
pengetahuan perkembangan peserta didik seorang guru akan dapat memberikan
harapan yang realistis terhadap anak dan remaja;Pengetahuan tentang
perkembangan memungkinkan para guru memberikan bimbingan belajar yang tepat
kepada anak; studi perkembangan dapat membantu kita memahami diri sendiri; Pengetahuan
perkembangan peserta didik dapat membantu guru mengenal;
Pengetahuan tentang
perkembangan memungkinkan para guru memberikan bimbingan belajar yang tepat
pada anak.
DAFTAR PUSTAKA
Desmita, (01 februari 2016)“Psikologi Perkembangan Pendidik” https://creationsje.wordpress.com/
Desmita (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Budi Wahyono, (01 februari 2016) “Tujuan Psikologi Perkembangan”http://www.pendidikanekonomi.com/
Rahmatul Ulum, (01 februari 2016) “Tujuan psikologi perkembangan” http://rahmatululum.blogspot.co.id/
Trisna setianingsih, (01 februari 2016)”Manfaat Mempelajari Psikologi
Perkembangan”, http://trisna-setiyaningsih.blogspot.co.id/
Dicky firmansyah, (01 februari 2016) ”Manfaat Mempelajari Psikologi
Perkembangan”http://www.pendidikanekonomi.com/
Dahlan, (01 februari 2016) “Manfaat Psikologi Perkembangan”, http://cyber-dakhlan90.blogspot.co.id/
Muhammad, (01
februari 2016) “Psikologi Perkembangan”,http://ard-cerdasnet.blogspot.co.id/
[1]Desmita, “Psikologi Perkembangan Pendidik” https://creationsje.wordpress.com/(diakses pada
01 februari 2016)
[2]Budi
Wahyono, “Tujuan Psikologi Perkembangan”http://www.pendidikanekonomi.com/
(diakses pada 01 februari 2016)
[3]Rahmatul
Ulum, “Tujuan psikologi perkembangan” http://rahmatululum.blogspot.co.id/(diakses
pada 01 februari 2016)
[4]Trisna
setianingsih, ”Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan”, http://trisna-setiyaningsih.blogspot.co.id/(diakses
pada 01 februari 2016)
[5]Dicky
firmansyah, ”Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan”http://www.pendidikanekonomi.com/(diakses
pada 01 februari 2016)
[6]Desmita,
Psikologi Perkembangan Peserta Didik, cetakan V (2014:Bandung, PT Remaja
Rosdakarya).
[7]Dahlan,
“Manfaat Psikologi Perkembangan”, http://cyber-dakhlan90.blogspot.co.id/(diakses
pada 01 februari 2016)
[8]Muhammad,“Psikologi
Perkembangan”,http://ard-cerdasnet.blogspot.co.id/(diakses
pada 01 februari 2016)
0 komentar:
Post a Comment