BAB SHALAT
(Ritual Prayer)
1.
QADLÂ’ SHALATNYA ORANG
YANG DIBIUS
Ketika pasien diperkirakan tidak kuat menahan rasa sakit,
biasanya sebelum dilakukan operasi terlebih dahulu pasien diberi obat bius,
supaya tidak sadarkan diri. Apakah bagi dia wajib meng-qadlâ’ shalat yang
ditinggalkan akibat pembiusan tersebut?
Jawab: Tidak wajib, karena pembiusan yang berakibat hilangnya
akal dalam rangka pengobatan, hukumnya diperbolehkan.
Referensi:
& المجموع الجزء 3 صحـ : 8 مكتبة مطبعة المنيرية
( فَرْعٌ ) قَالَ
أَصْحَابُنَا يَجُوزُ شُرْبُ الدَّوَاءِ الْمُزِيلِ لِلْعَقْلِ لِلْحَاجَةِ كَمَا
أَشَارَ إلَيْهِ الْمُصَنِّفُ بِقَوْلِهِ شَرِبََ دَوَاءً مِنْ غَيْرِ حَاجَةٍ
وَإِذَا زَالَ عَقْلُهُ وَالْحَالَةُ هَذِهِ لَمْ يَلْزَمْهُ قَضَاءُ الصَّلَوَاتِ
بَعْدَ اْلإِفَاقَةِ ِلأَنَّهُ زَالَ بِسَبَبٍ غَيْرِ مُحَرَّمٍ وَلَوِ احْتِيجَ
فِي قَطْعِ يَدِهِ الْمُتَآكِلَةِ إلَى تَعَاطِيْ مَا يُزِيلُ عَقْلَهُ
فَوَجْهَانِ أَصَحُّهُمَا جَوَازُهُ اهـ
2.
QADLÂ’ SHALAT
WANITA YANG MENGGUGURKAN KANDUNGAN
Entah karena apa, perempuan hamil muda menggugurkan kandungannya
dengan cara minum obat. Apakah shalat yang ditinggalkan pada saat keluar darah
nifas setelah menggugurkan kandungannya wajib di-qadlâ’?
Jawab: Tidak wajib qadlâ’, karena tidak wajibnya qadlâ’
sebab nifas atau haid merupakan ‘azîmah, yakni walaupun keluarnya darah
ada unsur maksiat, tetap tidak wajib qadlâ’.
Referensi:
& المجموع الجزء 3 صحـ : 10 مكتبة مطبعة المنيرية
وَلَوْ شَرِبَتْ
دَوَاءً لِلْحَيْضِ فَحَاضَتْ لَمْ يَلْزَمْهَا الْقَضَاءُ وَكَذَا لَوْ شَرِبَتْ
دَوَاءً لِتُلْقِيَ الْجَنِينَ فَأَلْقَتْهُ وَنَفِسَتْ لَمْ يَلْزَمْهَا قَضَاءُ
صَلَوَاتِ مُدَّةِ النِّفَاسِ عَلَى الصَّحِيحِ مِنْ الْوَجْهَيْنِ ِلأَنَّ سُقُوطَ
الْقَضَاءِ مِنْ الْحَائِضِ وَالنُّفَسَاءِ عَزِيمَةٌ كَمَا سَبَقَ
3.
DATANGNYA
FAKTOR PENCEGAH SHALAT
Haidl dan penyakit epilepsi adalah dua hal yang dapat
mencegah untuk melakukan ibadah shalat. Namun yang menjadi masalah, bila darah
haid atau penyakit epilepsi datang pada saat waktu sudah masuk, sementara belum
melakukan shalat, apakah masih berkewajiban meng-qadlâ’ shalatnya?
Jawab: Harus di-qadlâ’-i, jika waktu yang dilewatkan
tersebut kira-kira cukup digunakan untuk mengerjakan shalat atau cukup
digunakan bersuci dan mengerjakan shalat bagi
دَائِمُ الْحَدَثِ .
Referensi:
& سلم التوفيق مع إسعاد
الرفيق الجزء 1 صحـ : 72 مكتبة الهداية
(فَإِنْ طَرَأَ مَانِعٌ)
مِنْ مَوَانِعِهَا (كَحَيْضٍ) أَوْ جُنُوْنٍ أَوْ إِغْمَاءٍ وَكَانَ طُرُوُّهُ (بَعْدَ
مَا مَضَى مِنْ) أَوَّلِ (وَقْتِهَا مَا) أَىْ زَمَنٌ (يَسَعُهَا) أَيْ يَسَعُ أَرْكَانَهَا
فَقَطْ بِالنِّسْبَةِ لِمَنْ يُمْكِنُهُ تَقْدِيْمُ الطُّهْرِ عَلَى الْوَقْتِ كَسَلِمٍ
غَيْرِ مُتَيَمِّمٍ وَبَعْدَ أَنْ يَمْضِيَ مِنْهُ مَا يَسَعُهَا (وَطُهْرَهَا) بِالنِّسْبَةِ
لِمَنْ لاَ يُمْكِنُهُ تَقْدِيْمُهُ (لِنَحْوِ سَلِسٍ) بِكَسْرِاللاَّمِ وَفَتْحِهَا
كَمُتَيَمِّمٍ (لَزِمَهُ) بَعْدَ زَوَالِ الْمَانِعِ (قَضَاؤُهَا) أَيْ قَضَاءُ صَلاَةِ
ذَلِكَ الْوَقْتِ ِلإِدْرَاكِهِ مِنْ وَقْتِهَا مَا يُمْكِنُهُ فِعْلُهَا فِيْهِ فَلاَ
تَسْقُطُ بِمَا طَرَأَ اهـ
4.
HILANGNYA
FAKTOR PENCEGAH SHALAT
Faktor pencegah shalat seperti gila, kerasukan jin, lebih-lebih
darah haid, disamping datangnya tidak bisa diprediksi dan juga berakhirnya
sewaktu-waktu bisa terjadi. Bahkan tak jarang tiga hal tersebut hilang ketika
pada saat waktu yang hanya cukup melakukan Takbirat al-Ihrâm. Jika
demikian, apakah masih dituntut untuk mengerjakan shalat?
Jawab: Tetap berkewajiban melakukan shalat tersebut, serta
meng-qadlâ’ shalat sebelumnya, jika bisa di-jama'.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 140 مكتبة دار إحياء التراث العربية
وَلَوْ زَالَتْ
هَذِهِ اْلأَسْبَابُ أَيِ الْكُفْرُ وَالصِّبَا وَالْحَيْضُ وَالنِّفَاسُ وَالْجُنُونُ وَاْلإِغْمَاءُ
وَبَقِيَ مِنْ الْوَقْتِ تَكْبِيرَةٌ أَيْ قَدْرُهَا وَجَبَتِ الصَّلاَةُ ِلإِدْرَاكِ
جُزْءٍ مِنْ الْوَقْتِ كَمَا يَجِبُ عَلَى الْمُسَافِرِ اْلإِتْمَامُ
بِاقْتِدَائِهِ بِمُقِيمٍ فِي جُزْءٍ مِنْ الصَّلاَةِ وَفِي قَوْلٍ يُشْتَرَطُ
رَكْعَةٌ أَخَفُّ مَا يَقْدِرُ عَلَيْهِ أَحَدٌ كَمَا أَنَّ الْجُمُعَةَ لاَ
تُدْرَكُ بِأَقَلَّ مِنْ رَكْعَةٍ وَاْلأَظْهَرُ عَلَى اْلأَوَّلِ وُجُوبُ الظُّهْرِ
بِإِدْرَاكِ تَكْبِيرَةٍ آخِرَ وَقْتِ الْعَصْرِ وَوُجُوبُ الْمَغْرِبِ
بِإِدْرَاكِ تَكْبِيرَةٍ آخِرَ وَقْتِ الْعِشَاءِ ِلأَنَّ وَقْتَ الثَّانِيَةِ
وَقْتٌ لِلْأُوْلَى فِيْ جَوَازِ الْجَمْعِ فَكَذَا فِي الْوُجُوبِ وَالثَّانِي لاَ
تَجِبُ الظُّهْرُ وَالْمَغْرِبُ بِمَا ذُكِرَ بَلْ لاَ بُدَّ مِنْ زِيَادَةِ
أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ لِلظُّهْرِ فِي الْمُقِيمِ وَرَكْعَتَيْنِ فِي الْمُسَافِرِ وَثَلاَثٍ
لِلْمَغْرِبِ ِلأَنَّ جَمْعَ الصَّلاَتَيْنِ الْمُلْحَقَ بِهِ إنَّمَا يَتَحَقَّقُ
إذَا تَمَّتِ الْأُولَى وَشَرَعَ فِي الثَّانِيَةِ فِي الْوَقْتِ وَلاَ تَجِبُ
وَاحِدَةٌ مِنْ الصُّبْحِ وَالْعَصْرِ وَالْعِشَاءِ بِإِدْرَاكِ جُزْءٍ مِمَّا
بَعْدَهَا ِلانْتِفَاءِ الْجَمْعِ بَيْنَهُمَا وَلاَ يُشْتَرَطُ فِي الْوُجُوبِ
إدْرَاكُ زَمَنِ الطَّهَارَةِ وَيُشْتَرَطُ فِيهِ امْتِدَادُ السَّلاَمَةِ مِنَ
الْمَوَانِعِ زَمَنَ إمْكَانِ الطَّهَارَةِ وَالصَّلاَةِ اهـ
5.
FENOMENA SHALAT
MENGHADAP KEBARAT
Negara Indonesia
berada di arah timur Ka'bah. Kebanyakan masyarakat ketika hendak shalat, langsung
menghadap ke arah barat, tanpa mempertimbangkan apakah sudah tepat lurus dengan
fisik Ka'bah atau tidak. Sahkah shalatnya
jika hanya menghadap ke arah barat?
Jawab: Sah menurut pendapat yang dipilih oleh Imam Ghazâli.
Karena bagi mereka yang jauh dari Ka'bah, cukup menghadap ke arah dimana Ka'bah
berada. Tidak harus tepat lurus menghadap fisik Ka'bah.
Referensi:
& بغية
المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 63 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَة
ٌ ك
) اَلرَّاجِحُ أَنَّهُ لاَ بُدَ مِنِ اسْتِقْبَاالِ عَيْنِ الْقِبْلَةِ وَلَوْ لِمَنْ
هُوَ خَارِجَ مَكَّةَ فَلاَ بُدَّ مِنِ انْحِرَافٍ يَسِيْرٍ مَعْ طُوْلِ الصَّفِّ بِحَيْثُ
يَرَى نَفْسَهَ مُسَامِتاً لَهَا ظَنًّا مَعَ الْبُعْدِ وَالْقَوْلُ الثَّانِيُّ يَكْفِي
اسْتِقْبَاالُ الْجِهَةِ أَيْ إِحدَى الْجِهَاتِ اْلأَرْبَعِ الَّتِيْ فِيْهَا الْكَعْبِةُ
لِمَنْ بَعُدَ عَنْهَا وَهُوَ قَوِيٌّ اخْتَارَهُ الْغَزَالِيُّ وَصَحَّحَهُ الْجُرْجَانِيُّ
وَابْنُ كَجٍ وَابْنُ أَبِيْ عَصْرُوْن وَجَزَمِ بِهِ الْمَحَلِّيُّ قاَلَ اْلأَذْرَعِيِّ
وَذَكَرَ
بَعْضُ اْلأَصْحَابِ أَنَّهُ الْجَدِيْدُ وَهُوَ الْمُخْتَارُ ِلأَنَّ جِرْمَهَا صَغِيْرٌ
يَسْتَحِيْلُ أَنْ يَتَوَجَّهَ إِلَيْهِ أَهْلُ الدُّنْيَا فَيَكْتَفِىْ بِالْجِهَّةِ
وَلِهَذَا صَحَّتْ صَلاَةُ الصَّفِّ الطَّوِيْلِ إِذَا بَعُدُوْا عَنِ الْكَعْبَةِ
وَمَعْلُوْمٌ أَنَّ بَعْضَهُمُ خَارِجُوْنَ مِنْ مُحَاذَاةِ الْعَيْنِ وَهَذَا الْقَوْلُ
يُوَافِقُ الْمَنْقُوْلَ عَنْ أَبِي حَنِيْفَةَ وَهُوَ أَنَّ الْمَشْرِقَ قِبْلَةُ
أَهْلِ الْمَغْرِبِ وَبِالْعَكْسِ وَالْجَنُوْبَ قِبْلَةُ أَهْلِ الشِّمَالِ وَبِالْعَكْسِ
وَعَنْ مَالِكٍ أَنَّ الْكَعْبَةَ قِبْلَةُ أَهْلِ الْمَسْجِدِ وَالْمَسْجِدَ قِبْلَةُ
أَهْلِ مَكَّةَ وَمَكَّةَ قِبْلَةُ أَهْلِ الْحَرَمِ وَالَحَرَمَ قِبْلَةُ أَهْلِ
الدُّنْيَا اهـ
6.
STANDARISASI
MENUTUP AURAT
Syarat sahnya shalat adalah harus menutupi aurat baik dari
arah atas ataupun samping, mengecualikan arah bawah. Bagaimana kejelasan
tentang arah atas, bawah dan arah samping aurat?
Jawab: Maksud arah atas bagi laki-laki adalah, menutupi pusar
serta anggota yang lurus dengan pusar. Untuk arah bawah, dimulai dari lutut
serta anggota yang lurus dengan lutut. Sedangkan arah samping adalah, tertutupnya
semua angota antara pusar dan lutut. Mengenai arah atas bagi perempuan adalah,
menutupi kepala, pundak dan sisi samping wajahnya. Untuk arah bawahnya, bagian arah
yang terletak di bawah telapak kakinya. Sedangkan arah sampingnya, semua
anggota aurat diantara kepala dan kaki perempuan.
Referensi:
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 84 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَةُ ي) قَوْلُهُمْ يُشْتَرَطُ السَتْرُ مِنْ
أَعْلاَهُ وَجَوَانِبِهِ لاَ مِنْ أَسْفَلِهِ الضَّمِيْرُ فِيْهَا عَائِدٌ إِمَّا
عَلَى السَّاتِرِ أَوِ الْمُصَلِّيْ وَالْمُرَادُ بِأَعْلاَهُ عَلَى كِلاَ الْمَعْنَيَيْنِ
فِيْ حَقِّ الرَّجُلِ السُرَّةُ وَمُحَاذِيْهَا وَبِأَسْفَلِهِ الرُكْبَتَانِ وَمُحَاذِيْهِمَا
وَبِجَوَانِبِهِ مَا بَيْنَ ذَلِكَ وَفِيْ حَقِّ الْمَرْأَةِ بِأَعْلاَهُ مَا فَوْقَ
رَأْسِهَا وَمَنْكِبَيْهَا وَسَائِرِ جَوَانِبِ وَجْهِهَا وَبِأَسْفَلِهِ مَا تَحْتَ
قَدَمَيْهَا وَبِجَوَانِبِهِ مَا بَيْنَ ذَلِكَ اهـ
7.
PEMAKAIAN
MUKENA YANG KURANG HATI-HATI
Aurat perempuan dalam shalat adalah menutup seluruh
anggota badan, kecuali muka dan dua telapak tangan. Namun hal ini kadang kurang
diperhatikan oleh kaum hawa, belum lagi model mukena yang agak lebar, sehingga
kemungkinan besar pada saat melakukan takbir atau ruku' ada sebagian auratnya
yang akan terlihat. Batalkah shalatnya seorang wanita ketika sebagian auratnya
terlihat seperti kasus diatas?
Jawab: Batal, karena terlihat dari arah samping.
Referensi:
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 85 مكتبة دار الفكر
وَحِيْنَئِذٍ لَوْ
رُؤِيَ صَدْرُ الْمَرْأَةِ مِنْ تَحْتِ الْخِمَارِ لِتَجَافِيْهِ عَنِ الْقَمِيْصِ
عِنْدَ نَحْوِ الرُّكُوْعِ أَوِ اتَّسَعَ الْكَمُّ بِحَيْثُ تُرَى مِنْهُ الْعَوْرَةُ
بَطَلَتْ صَلاَتُهَا فَمَنْ تَوَهَّمَ أَنَّ ذَلِكَ مِنَ اْلأَسْفَلِ فَقَدْ أَخْطَأَ
ِلأَنَّ الْمُرَادَ بِاْلأَسْفَلِ أَسْفَلُ الثَّوْبِ الَّذِيْ عَمَّ الْعَوْرَةَ
أَمَّا مَا سَتَرَ جَانِبَهَا اْلأَعْلَى فَأَسْفَلُهُ مِنْ جَانِبِ الْعَوْرَةِ بِلاَ
شَكٍّ كَمَا قَرَّرْنَاهُ اهـ قُلْتُ قَالَ
فِي حَاشِيَةِ الْكُرْدِيِّ وَفِي اْلإِمْدَادِ وَيَتَرَدَّدُ النَّظْرُ فِي رُؤْيَةِ
ذِرَاعِ الْمَرْأَةِ مِنْ كَمِّهَا مَعَ إِرْسَالِ يَدِهَا اسْتَقْرَبَ فِي اْلإِيْعَابِ
عَدَمَ الضَّرَرِ بِخِلاَفِ مَا لَوِ ارْتَفَعَتِ الْيَدُّ وَيُوَافِقُهُ فِي مَا
فِي فَتَاوِيْ م ر وَخَالَفَهُ فِي التُّحْفَةِ قَالَ ِلأَنَّ هَذَا رُؤْيَةٌ مِنَ
الْجَوَانِبِ وَهِيَ تَضُرُّ مُطْلَقاً اهـ وَفِي الْجَمَلِ وَقَوْلُهُمْ وَلاَ يَجِبُ
السَّتْرُ مِنْ أَسْفَلَ أَيْ وَلَوْ ِلامْرَأَةٍ فَلَوْ رُؤِيَتْ مِنْ ذَيْلِهِ فِي
نَحْوِ قِيَامٍ أَوْ سُجُوْدٍِ لاَ لِتَقَلُّصِ ثَوْبِهِ بَلْ لِجَمْعِ ذَيْلِهِ عَلَى
عَقِبَيْهِ لَمْ يَضُرَّ كَمَا قَالَهُ ب ر و ع ش اهـ
8.
KERAWANAN
BAJU KOKO TERKAIT TERLIHATNYA AURAT
Zaman sekarang, baju bukan hanya untuk menutupi aurat,
lebih dari itu, baju dijadikan media untuk bergaya. Akibatnya, baju untuk shalatpun
ikut termodif, seperti baju koko yang didesain seperti kaos oblong.
Sehingga ketika dipakai untuk shalat, aurat rawan kelihatan dari bagian atas. Sahkah
shalat dengan menggunakan model baju seperti di atas?
Jawab: Tidak sah, jika auratnya kelihatan dari atas.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 203 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
فَلَوْ رُئِيَتْ
عَوْرَتُهُ أَيِ الْمُصَلِّيْ مِنْ جَيْبِهِ أَيْ طَوْقِ قَمِيْصِهِ لِسَعَتِهِ
فِي رُكُوعٍ أَوْ غَيْرِهِ لَمْ يَكْفِ السَّتْرُ بِهَا الْقَمِيصَ فَلْيَزُرَّهُ
أَوْ يَشُدَّ وَسَطَهُ بِضَمِّ الزَّايِ وَفَتْحِ الدَّالِ وَالسِّينِ فِي اْلأَحْسَنِ
حَتَّى لاَ تُرَى عَوْرَتُهُ مِنْهُ وَلَوْ رُئِيَتْ عَوْرَتُهُ مِنْ ذَيْلِهِ
بِأَنْ كَانَ فِي عُلُوٍّ وَالرَّائِيْ فِي سُفْلٍ لَمْ يَضُرَّ ذَلِكَ وَقَدْ
ذَكَرَهُ فِي الْمُحَرَّرِ وَمَعْنَى رُئِيَتْ عَوْرَتُهُ فِي الْقِسْمَيْنِ
كَانَتْ بِحَيْثُ تُرَى وَلَوْ لَمْ يَفْعَلْ مَا أُمِرَ بِهِ فِي الْقِسْمِ اْلأَوَّلِ
وَأَحْرَمَ بِالصَّلاَةِ هَلْ تَنْعَقِدُ ثُمَّ تَبْطُلُ عِنْدَ الرُّكُوعِ أَوْ
غَيْرِهِ أَوْ لاَ تَنْعَقِدُ أَصْلاً فِيهِ وَجْهَانِ أَصَحُّهُمَا اْلأَوَّلُ
وَعَلَيْهِ يَصِحُّ اِلاقْتِدَاءُ بِهِ قَبْلَ الرُّكُوعِ وَيَكْفِي سَتْرُ
مَوْضِعِ الْجَيْبِ قَبْلَهُ اهـ
9.
AURAT
TERBUKA KARENA HEMBUSAN ANGIN
Pada suatu ketika, ada seseorang sedang melaksakan shalat
di luar serambi masjid. Karena angin sangat kencang, maklum musim kemarau,
akhirnya sarungnya terbuka. Apakah terbukanya aurat yang disebabkan karena
hembusan angin dapat membatalkan shalat?
Jawab: Tidak membatalkan shalat, apabila seketika itu langsung
ditutup.
Referensi:
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 84 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
( فائدة ) لَوْ كَشَفَتِ
الرِّيْحُ عَوْرَتَهُ فَسَتَرَهَا حَالاً لَمْ يَضُرَّ كَمَا لَوَ كَشَفَهُ نَحْوُ
آدَمِيٍّ قَالَهُ بج وح ل وَقَيَّدَهُ سم بِغَيْرِ الْمُمَيِّزِ وَقَالَ زي وَحِيْنَئِذٍ
يَضُرُّ غَيْرُ الرِّيْحَ مُطْلَقاً اهـ
10.
DAGU
TERMASUK AURAT SHALAT WANITA
Model dan ukuran mukena (baca; rukuh) yang dijual
di pasar-pasar sangat bervariasi, ada yang bentuknya terpotong juga ada yang
seperti jubah tanpa potongan. Namun diantara dua model ini, tak jarang kaum
wanita ketika menggunakannya untuk shalat, dagunya masih kelihatan. Batalkah shalatnya
perempuan yang dagunya kelihatan?
Jawab: Menurut ulama’ kalangan Syâfi'iyyah shalatnya batal.
Namun menurut ulama’ Hanafiyyah dan Mâlikiyyah, terlihatnya dagu saat shalat
tidak membatalkan shalat.
Referensi:
& قرة العين بفتاوى
إسمعيل الزين صحـ : 59
وَأَمَّا عِنْدَ غَيْرِهِمْ كَالسَّادَةِ الْحَنَفِيَّةِ وَالسَّادَةِ
الْمَالِكِيَّةِ فَإِنَّ مَا تَحْتَ الذَّقَنِ وَنَحْوِهِ لاَيُعَدُّ كَشْفُهُ مِنَ
الْمَرْأَةِ مُبْطِلاً لِلصَّلاَةِ كَمَا يُعْلَمُ ذَلِكَ مِنْ عِبَارَاتِ كُتُبِ
مَذَاهِبِهِمْ وَحِيْنِئِذٍ لَوْ وَقَعَ ذَلِكَ مِنَ الْعَامِيَّاتِ اللاَّتِيْ لَمْ
يَعْرِفْنَ كَيْفِيَّةَ التَّقْيِيْدِ بِمَذْهَبِ الشَّافِعِيَّةِ فَإِنَّ صَلاَتَهُنَّ
صَحِيْحَةٌ ِلأَنَّ الْعَامِيَّ لاَمَذْهَبَ لَهُ وَحَتَّى مِنَ الْعَارِفَاتِ بَمَذْهَبِ
الشَّافِعِىّ مِمَّنْ يَرَى ذَلِكَ فَإِنَّ صَلاَتَهُنَّ صَحِيْحَةٌ ِلأَنَّ أَهْلَ
الْمَذَاهِبِ اْلأَرْبَعَةِ كُلَّهُمْ عَلَى هُدًى فَجَزَاهُمْ اللُه عَنَّا خَيْرَ
الْجَزَاءِ اهـ
11.
KELUARNYA DARAH
MIMISAN SAAT SHALAT
Bagi seseorang yang mengidap penyakit mimisan
(sering keluar darah dari hidungnya) sewaktu-waktu akan kambuh kembali. Apalagi
setelah bekerja berat. Sehingga tidak penutup kemungkinan darah mimisan
tersebut akan keluar pada saat melakukan shalat. Batalkah shalat seseorang jika
di tengah melakukan shalat, hidungnya keluar darah (jawa; mimisan)
mengingat darah tersebut merupakan hal yang najis?
Jawab: Tidak batal apabila keluarnya sedikit, karena di-ma'fu.
Referensi:
& تحفة المحتاج في
شرح المنهاج الجزء 2 صحـ : 137 مكتبة دار إحياء التراث العربي
وَلَوْ رَعِفَ
فِي الصَّلاَةِ وَلَمْ يُصِبْهُ مِنْهُ إِلاَّ الْقَلِيلُ لَمْ يَقْطَعْهَا وَإِنْ
كَثُرَ نُزُولُهُ عَلَى مُنْفَصِلٍ عَنْهُ فَإِنْ كَثُرَ مَا أَصَابَهُ لَزِمَهُ
قَطْعُهَا اهـ
12.
SELESAI SHALAT
TERNYATA BAJU TERDAPAT NAJISNYA
Seseorang ketika melaksanakan shalat, tidak tahu kalau baju
yang dipakainya, ternyata terdapat najis yang tidak di-ma'fu. Akhirnya
ia baru mengetahuinya setelah selesai melakukan shalat. Apakah orang tersebut wajib
mengulangi shalatnya, ketika tahu kalau bajunya terdapat najis?
Jawab: Wajib mengulangi lagi, karena suci dari najis
merupakan syarat sahnya shalat.
Referensi:
& كفاية الأخيار
الجزء 1 صحـ : 92 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
( فَرْعٌ ) إِذَا صَلَّى بِنَجَاسَةٍ لاَ يُعْفَى
عَنْهَا وَهُوَ جَاهِلٌ بِهَا حَالَ الصَّلاَةِ سَوَاءٌ كَانَتْ فِي بَدَنِهِ أَوْ
ثَوْبِهِ أَوْ مَوْضِعِ صَلاَتِهِ فَإِن لَّمْ يَعْلَمْ بِهَا أَلْبَتَّةَ فَقَوْلاَنِ
الْجَدِيْدُ اْلأَظْهَرُ يَجِبُ عَلَيْهِ الْقَضَاءُ ِلأَنَّهَا طَهَارَةٌ وَاجِبَةٌ
فَلاَ تَسْقُطُ بِالْجَهْلِ كَطَهَارَةِ الْحَدَثِ وَالْقَدِيْمُ أَنَّهُ لاَ يَجِبُ
وَنَقَلَهُ ابْنُ الْمُنْذِرِ عَنْ خَلاَئِقَ وَاخْتَارَهُ وَكَذَا النَّوَوِيُّ
اخْتَارَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ اهـ
13.
KEWAJIBAN
SHALAT BAGI ORANG SEKARAT
Selama nyawa masih dikandung badan, yang namanya ibadah shalat
tidak mengenal istilah dispensasi untuk dapat ditinggalkan. Namun jika kita
melihat orang yang sedang sekarat dalam waktu cukup lama, kayaknya secara
rasional sudah tidak mungkin lagi untuk melakukan shalat. Sekalipun dengan
praktek yang paling ringan, yakni; shalat dengan cara memakai isyarat. Apakah bagi
seseorang yang sedang sekarat masih terkena kewajiban mengerjakan shalat?
Jawab: Menurut Imam Abû Hanifah, jika sudah tidak mampu
shalat dengan isyarat, maka tidak berkewajiban shalat.
Referensi:
& حاشية البجيرمي
على الخطيب الجزء 2 صحـ : مكتبة دار الفكر
قَوْلُهُ وَلاَ
تَسْقُطُ عَنْهُ الصَّلاَةُ قَالَ اْلأَئِمَّةُ الثَّلاَثَةُ إنَّ فَرْضَ الصَّلاَةِ
لاَ يَسْقُطُ عَنْ الْمُكَلَّفِ مَا دَامَ عَقْلُهُ ثَابِتًا وَلَوْ بِإِجْرَاءِ
الصَّلاَةِ عَلَى قَلْبِهِ وَقَالَ اْلإِمَامُ أَبُو حَنِيفَةَ إنَّ مَنْ عَايَنَ
الْمَوْتَ وَعَجَزَ عَنْ اْلإِيمَاءِ بِرَأْسِهِ سَقَطَ عَنْهُ الْفَرْضُ
وَعَلَيْهِ عَمَلُ النَّاسِ سَلَفًا وَخَلَفًا فَلَمْ يَبْلُغْنَا أَنَّ أَحَدًا
مِنْهُمْ أَمَرَ الْمُحْتَضِرَ بِالصَّلاَةِ وَوَجْهُ قَوْلِ اْلإِمَامِ أَبِيْ
حَنِيفَةَ الْمُتَقَدِّمِ أَنَّ مَنْ حَضَرَهُ الْمَوْتُ صَارَ قَلْبُهُ مَعَ
اللَّهِ تَعَالَى
أَعْظَمَ مِنْ اشْتِغَالِهِ بِمُرَاعَاةِ اْلأَفْعَاالِ ِلأَنَّ اْلأَفْعَاالَ وَاْلأَقْوَالَ
الَّتِي أَمَرَنَا الشَّارِعُ بِهَا فِي الصَّلاَةِ إنَّمَا أَمَرَنَا بِهَا
وَسِيلَةً إلَى الْحُضُورِ مَعَ اللَّهِ تَعَالَى فِيهَا وَالْمُحْتَضِرُ انْتَهَى
سَيْرُهُ إلَى الْحَضْرَةِ وَتَمَكَّنَ فِيهَا فَصَارَ حُكْمُهُ حُكْمَ الْوَلِيِّ
الْمَجْذُوبِ وَهُنَا أَسْرَارٌ لاَ تُسَطَّرُ فِي كِتَابٍ فَافْهَمْ انْتَهَى
مِيزَانٌ اهـ
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 128 مكتبة دار الفكر
( فَائِدَةٌ ) يَجِبُ عَلَى الْمَرِيْضِ أَنْ يُؤَدِّيَ
الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ مَعَ كَمَالِ شُرُوْطِهَا وَأَرْكَانِهَا وَاجْتِنَابِ مُبْطِلاَتِهَا
حَسْبَ قُدْرَتِهِ وَإِمْكَانِهِ وَلَهُ الْجُلُوْسُ ثُمَّ اِلاضْطِجَاعُ ثُمَّ اِلاسْتِلْقَاءُ
وَاْلإِيْمَاءُ إِذَا وَجَدَ مَا تُبِيْحُهُ عَلَى مَا قُرِّرَ فِي الْمَذْهَبِ فَإِنْ
كَثُرَ ضَرَرُهُ وَاشْتَدَّ مَرَضُهُ وَخَشِيَ تَرْكَ الصَّلاَةِ رَأْساً فَلاَ بَأْسَ
بِتَقْلِيْدِ أَبِيْ حَنِيْفَةَ وَمَالِكٍ وَإِنْ فُقِدَتْ بَعْضُ الشُّرُوْطِ عِنْدَنَا
وَحَاصِلُ مَا ذَكَرَهُ الشَّيْخُ مَحَمَّدُ بْنُ خَاتِمٍ فِي رِسَالِتِهِ فِي صَلاَةِ
الْمَرِيْضِ أَنَّ مَذْهَبَ أَبِيْ حَنِيْفَةَ أَنَّ الْمَرِيْضَ إِذَا عَجَزَ عَنِ
اْلإِيْمَاءِ بِرِأْسِهِ جَازَ لَهُ تَرْكُ الصَّلاَةِ فَإِنْ شَفِيَ بَعْدَ مُضِيِّ
يَوْمٍ فَلاَ قَضَاءَ عَلَيْهِ وَإِذَا عَجَزَ عَنِ الشُّرُوْطِ بِنَفْسِهِ وَقَدَرَ
عَلَيْهَا بِغَيْرِهِ فَظَاهِرُ الْمَذْهَبِ وَهُوَ قَوْلُ الصَّاحِبَيْنِ لُزُوْمُ
ذَلِكَ إِلاَّ إِنْ لَحِقَتْهُ مَشَقَّةٌ بِفِعْلِ الْغَيْرِ أَوْ كَانَتِ النَّجَاسَةُ
تَخْرُجُ مِنْهُ دَائِماً وَقَالَ أَبُوْ حَنِيْفَةَ لاَ يُفْتَرَضُ عَلَيْهِ مُطْلَقاً
ِلأَنَّ الْمُكَلَّفَ عِنْدَهُ لاَ يُعَدُّ قَادِراً بِقُدْرِةِ غَيْرِهِ وَعَلَيْهِ
لَوْ تَيَمَّمَ الْعَاجِزُ عَنِ الْوُضُوْءِ بِنَفْسِهِ أَوْ صَلَّى بِنَجَاسَةٍ أَوْ
إِلَى غَيْرِ الْقِبْلَةِ مَعَ وُجُوْدِ مَنْ يَسْتَعِيْنُ بِهِ وَلَمْ يَأْمُرْهُ
صَحَّتْ اهـ
14.
ANAK KECIL MERANGKUL
ORANG SHALAT
Seorang anak yang baru
berusia 3 tahun, memang sangat menyenangkan sekali. Saking sayangnya, walaupun
baru datang dari kerja, sang ayah sangat senang menggendongnya. Yang jadi
masalah, terkadang anak yang sedang lucu-lucunya itu menghampiri dan merangkul
ayahnya ketika sedang melakukan shalat. Padahal anak tersebut sering main-main
di tanah, yang ada kemungkinan akan terkena najis. Bagaimana hukum shalat
seseorang seperti dalam kasus di atas?
Jawab: Shalatnya tidak batal
asalkan sang anak tidak dipastikan membawa najis.
Referensi:
&
حاشية بجيرمي على الخطيب ج 1 صحـ : 444 مكتبة دار
الفكر
( فَرْعٌ ) لَوْ تَعَلَّقَ بِالْمُصَلِّيْ
صَبِيٌّ أَوْ هِرَّةٌ لَمْ يَعْلَمْ نَجَاسَةَ مَنْفَذِهِمَا لاَ تَبْطُلُ صَلاَتُهُ
ِلأَنَّ هَذَا مِمَّا تَعَارَضَ فِيهِ اْلأَصْلُ وَالْغَالِبُ إذِ اْلأَصْلُ الطَّهَارَةُ
وَالْغَالِبُ النَّجَاسَةُ وَخَرَجَ بِقَوْلِنَا لَمْ يَعْلَمْ نَجَاسَةَ مَنْفَذِهِمَا
مَا لَوْ عِلْمَهُ ثُمَّ غَابَتِ الْهِرَّةُ أَوِ الطِّفْلُ زَمَنًا لاَ يُمْكِنُ
فِيهِ غَسْلُ مَنْفَذِهِمَا فَهُوَ بَاقٍ عَلَى نَجَاسَتِهِ فَتَبْطُلُ صَلاَتُهُ لِتَعَلُّقِهِمَا
بِالْمُصَلِّي وَلاَ يُحْكَمُ بِنَجَاسَةِ مَا أَصَابَ مَنْفَذََهُمَا
كَالْهِرَّةِ إذَا أَكَلَتْ فَأْرَةً ثُمَّ غَابَتْ غَيْبَةً يُمْكِنُ طُهْرُ فَمِهَا
فِيهَا اهـ عِ ش عَلَى م ر فَلاَ تُنْجُسُ مَا أَصَابَهُ فَمُهَا وَقَدْ يُقَالُ
النَّجَاسَةُ مُتَيَقَّنَةٌ وَالطُّهْرُ مَشْكُوْكٌ فِيهِ فَمُقْتَضَاهُ نَجَاسَةُ
مَا أَصَابَهُ فَمُهَا اهـ
15.
SHALAT
TANPA WUDLU DAN TAYAMMUM
Penjara memang tempat para penjahat, mulai kelas kakap
sampai yang kelas teri, semuanya ada disana. Dan tak sedikit diantara mereka gara-gara
dijebloskan ke penjara, akhirnya mau kembali lagi ke jalan yang lurus
(bertaubat). Namun jangan dikira tempat dipenjara sama dengan yang diluar. Kadang-kadang
kamar yang mereka tempati tidak disediakan alat bersuci. Sehingga untuk
melakukan shalat secara sempurna, seakan-akan sangat sulit dilaksanakan. Apakah
seseorang yang tidak menemukan alat bersuci, baik air maupun debu tetap
diwajibkan mengerjakan shalat?
Jawab: Menurut qaul Jadid wajib mengerjakan shalat dalam
rangka untuk menghormati waktu, serta berkewajiban mengulangi shalat tersebut
ketika sudah menemukan alat bersuci.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 110 مكتبة دار إحياء الكتب العربي
وَمَنْ لَمْ يَجِدْ مَاءً وَلاَ تُرَابًا كَالْمَحْبُوسِ فِي مَوْضِعٍ
لَيْسَ فِيهِ وَاحِدٌ مِنْهُمَا لَزِمَهُ فِي الْجَدِيدِ أَنْ يُصَلِّيَ الْفَرْضَ
لِحُرْمَةِ الْوَقْتِ وَيُعِيدَ إذَا وَجَدَ أَحَدَهُمَا يُنْدَبُ لَهُ الْفِعْلُ وَالثَّانِي
يَحْرُمُ وَيُعِيدُ عَلَيْهِمَا وَالثَّالِثُ يَجِبُ وَلاَ يُعِيدُ حَكَاهُ فِي
أَصْلِ الرَّوْضَةِ وَاخْتَارَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ فِي عُمُومِ قَوْلِهِ
كُلُّ صَلاَةٍ وَجَبَ فِعْلُهَا فِي الْوَقْتِ مَعَ خَلَلٍ لَمْ يَجِبْ قِصَاؤُهَا
فِيْ قَوْلٍ قَالَ بِهِ الْمُزَنِيّ وَهُوَ الْمُخْتَارُ ِلأَنَّهُ أَدَّى
وَظِيفَةَ الْوَقْتِ وَإِنَّمَا يَجِبُ الْقَضَاءُ بِأَمْرٍ جَدِيدٍ وَلَمْ
يَثْبُتْ فِيهِ شَيْءٌ اهـ
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 128 مكتبة دار
الفكر
وَأَمَّا مَالِكٌ فَمُقْتَضَى مَذْهَبِهِ وُجُوْبُ اْلإِيْمَاءِ بِالطَّرْفِ
أَوْ بِإِجْرَاءِ اْلأَرْكَانِ عَلَى الْقَلْبِ وَالْمُعْتَمْدُ مِنْ مَذْهَبِهِ أَنَّ
طَهَارَةَ الْخَبَثِ مِنَ الثَّوْبِ وَالْبَدَنِ وَالْمَكَانِ سُنَّةٌ فَيُعِيْدُ
اسْتِحْبَاباً مَنْ صَلَّى عَالِماً قَادِراً عَلَى إِزَالَتِهَا وَمُقَابِلُهُ الْوُجُوْبُ
مَعَ الْعِلْمِ وَالْقُدْرَةِ وَإِلاَّ فَمُسْتَحَبٌّ مَا دَامَ الْوَقْتُ فَقَطْ
وَأَمَّا طَهَارَةُ الْحَدَثِ فَإِنْ عَجَزَ عَنِ اسْتِعْمَالِ الْمَاءِ لِخَوْفِ
حُدُوْثِ مَرَضٍ أَوْ زِيَادَتِهِ أَوْ تَأْخِيْرِ بُرْءٍ جَازَ التَّيَمُّمُ وَلاَ
قَضَاءَ عَلَيْهِ وَكَذَا لَوْ عَدِمَ مَنْ يُنَاوِلُهُ الْمَاءَ وَلَوْ بِأُجْرَةٍ
وَإِنْ عَجَزَ عَنِ الْمَاءِ وَالصَّعِيْدِ لِعَدَمِهِمَا أَوْ عَدَمِ الْقُدْرَةِ
عَلَى اسْتِعْمَالِهِمَا بِنَفْسِهِ وَغَيْرِهِ سَقَطَتْ عَنْهُ الصَّلاَةُ وَلاَ
قَضَاءَ اهـ
16.
SUJUD TANPA
MELETAKKAN TANGAN
Sujud dengan meletakkan jidat (kening) merupakan
syarat dapat dianggap sahnya melakukan sujud. Disamping itu, dalam praktek
bersujud melibatkan beberapa anggota badan yang lain, seperti kedua tangan,
lutut dan kedua kaki. Apakah saat melakukan sujud wajib meletakkan kedua telapak
tangan, kedua lutut dan kaki?
Jawab: Menurut Imam an-Nawawi, hukumnya wajib. Sedangkan
menurut ar-Rôfi'i tidak wajib.
Referensi:
& كفاية الأخيار الجزء
1 صحـ : 109 – 110 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَهَلْ يَجِبُ وَضْعُ
يَدَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَقَدَمَيْهِ مَعَ جَبْهَتِهِ قَوْلاَنِ اْلأَظْهَرُ عِنْدَ
الرَّافِعِيِّ لاَ يَجِبُ وَاْلأَظْهَرُ عِنْدَ النَّوَوِيُّ الْوُجُوْبُ فَعَلَى
مَا صَحَّحَهُ النَّوَوِيُّ اِلاعْتِبَارُ بَاطِنُ الْكَفِّ وَظَهْرُ اْلأَصَابِعِ
اهـ
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 182 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَلاَ يَجِبُ
وَضْعُ يَدَيْهِ وَرُكْبَتَيْهِ وَقَدَمَيْهِ فِي السُّجُودِ فِي اْلأَظْهَرِ ِلأَنَّهُ
لَوْ وَجَبَ وَضْعُهَا لَوَجَبَ اْلإِيمَاءُ بِهَا عِنْدَ الْعَجْزِ عَنْ
وَضْعِهَا وَاْلإِيمَاءُ بِهَا لاَ يَجِبُ فَلاَ يَجِبُ وَضْعُهَا قُلْتُ اْلأَظْهَرُ
وُجُوبُهُ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ لِحَدِيثِ الصَّحِيحَيْنِ أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ
عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ الْجَبْهَةِ وَالْيَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ
الْقَدَمَيْنِ وَاْلأَوَّلُ يَقُولُ اْلأَمْرُ
فِيهِ أَمْرُ نَدْبٍ فِي غَيْرِ الْجَبْهَةِ وَيَكْفِي عَلَى الْوُجُوبِ وَضْعُ
جُزْءٍ مِنْ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهَا وَاِلاعْتِبَارُ فِي الْيَدِ بِبَاطِنِ
الْكَفِّ سَوَاءٌ اْلأَصَابِعُ وَالرَّاحَةُ قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ
وَفِي الرِّجْلِ بِبُطُونِ اْلأَصَابِعِ وَلاَ يَجِبُ كَشْفُ شَيْءٍ مِنْهَا
وَعَلَى عَدَمِ الْوُجُوبِ يُتَصَوَّرُ رَفْعُ جَمِيعِهَا بِأَنْ يُصَلِّيَ عَلَى
حَجَرَيْنِ بَيْنَهُمَا حَائِطٌ قَصِيرٌ يَنْبَطِحُ عَلَيْهِ عِنْدَ السُّجُودِ
وَيَرْفَعُهَا قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ اهـ
17.
PENGGANTIAN
HURUF DALAM AL-FATIHAH
Entah dengan alasan apa (mungkin karena tidak pernah mengaji),
kebanyakan saat membaca Fatihah dalam shalat, huruf Dlad diganti dengan
huruf Dza’. Apakah hal tersebut dapat membatalkan shalat?
Jawab: Menurut pendapatnya al-Fakhrûr ar-Râzi tidak batal,
karena sulitnya membedakan kedua huruf tersebut.
Referensi:
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 67 مكتبة دار الفكر
( مَسْأَلَةُ ب ) لَوْ أَبْدَلَ الضَّادَ ظَاءً فِي
الْفَاتِحَةِ بَطَلَتْ صَلاَتُهُ فِي اْلأَصَحِّ وَمُقَابِلُهُ وَجْهٌ قَوِيٌّ يَجُوْزُ
تَقْلِيْدُهُ أَنَّهَا لاَ تَبْطُلُ لِعُسْرِ التَّمْيِيْزِ بَيْنَهُمَا وَفِي تَفْسِيْرِ
الْفَخْرِ الرَّازِيِّ تَجُوْزُ الْقِرَاءَةُ بِإِبْدَالِ الضَّادَ ظَاءً لِتَشَابُهِهِمَا
وَهَذَا يُخَفِّفُ عَنِ الْعَوَامِّ وَيُوْجِبُ عَدَمَ التَّشْدِيْدِ وَالتَّنَطُّعِ
عَلَيْهِمْ اهـ
18.
SHALATNYA
ORANG YANG TIDAK MAMPU DUDUK
Melihat kondisi orang sakit terutama yang ada di rumah sakit, sangat begitu memperihatinkan,
ada yang hanya bisa duduk tidak bisa berdiri, juga ada yang bisanya hanya tidur
saja. Sedangkan yang tahapannya sangat parah, bisanya hanya melihat tanpa
sepatah katapun. Bagaimanakah cara shalatnya seseorang jika tidak mampu shalat sambil
duduk ?
Jawab: Dengan cara tidur miring serta menghadapkan wajahnya ke
arah kiblat. Sedangkan yang lebih baik, miring di atas lambung bagian kanan seperti posisi mayit. Pendapat
lain mengatakan; shalat dengan cara tidur terlentang serta menghadapkan kedua
kakinya ke arah kiblat dan kepalanya agak diangkat.
Referensi:
& روضة الطالبين
وعمدة المفتين الجزء 1 صحـ : 236 مكتبة الإسلامية
قَالَ الْجُمْهُوْرُ وَالْعَجْزُ عَنِ الْقُعُوْدِ يَحْصُلُ بِمَا يَحْصُلُ
بِهِ الْعَجْزُ عَنِ الْقِيَامِ وَقَالَ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ لاَ يَكْفِيْ ذَلِكَ
بَلْ يُشْتَرَطُ فِيْهِ عَدَمُ تَصَوُّرِ الْقُعُوْدِ أَوْ خِيْفَةُ الْهَلاَكِ أَوْ
الْمَرَضِ الطَّوِيْلِ إِلْحَاقًا لَهُ بِالْمَرَضِ الْمُبِيْحِ لِلتَّيَمُّمِ وَفِي
كَيْفَيَّةِ صَلاَتِهِ وَجْهَانِ وَقِيْلَ قَوْلاَنِ أَصَحُّهُمَا أَنَّهُ يَضْطَجِعُ
عَلَى جَنْبِهِ اْلأَيْمَنِ مُسْتَقْبِلاً بِوَجْهِهِ وَمُقَدِّمِ بَدَنِهِ الْقِبْلَةَ
كَالْمَيِّتِ فِيْ لَحْدِهِ فَلَوْ خَالَفَ وَاضْطَجَعَ عَلَى جَنْبِهِ اْلأَيْسَرِ
صَحَّ إِلاَ أَنَّهُ تَرَكَ السُّنَّةَ وَالثَّانِيْ أَنَّهُ يَسْتَلْقِيْ عَلَى ظَهْرِهِ
وَيَجْعَلُ رِجْلَيْهِ إِلَى الْقِبْلَةِ وَيَرْفَعُ وِسَادَتَهُ قَلِيْلاً وَهَذَا
الْخِلاَفُ فِي الْقَادِرِ عَلَى اِلاضْطِجَاعِ وَاْلاِسْتِلْقَاءِ فَإِنْ لَمْ يَقْدِرْ
إِلاَّ عَلَى أَحَدِهِمَا أَتَى بِهِ قَالَ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ هَذَا الْخِلاَفُ
فِي الْكَيْفِيَّةِ الْوَاجِبَةِ اهـ
19.
KEWAJIBAN
MENGHADAP KIBLAT BAGI ORANG SAKIT
Tempat tidur yang ada dirumah sakit, posisinya
bermacam-macam, ada yang membujur kearah barat, timur dan lain sebagainya.
Bahkan tidak jarang posisi tempat tidur tersebut menyulitkan bagi para pasien untuk
menghadap kiblat ketika hendak melakukan shalat sambil tidur. Jika hal itu
terjadi, bagaimanakah cara shalatnya pasien tersebut?
Jawab: Shalat sebisa mungkin dan harus meng-qadlâ’.
Referensi:
& حاشيتا قليوبي
وعميرة الجزء 1 صحـ : 151 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
اسْتِقْبَالُ الْقِبْلَةِ أَيْ
الْكَعْبَةِ شَرْطٌ لِصَلاَةِ الْقَادِرِ عَلَيْهِ فَلاَ تَصِحُّ صَلاَةٌ
بِدُونِهِ إجْمَاعًا بِخِلاَفِ الْعَاجِزِ عَنْهُ كَمَرِيضٍ لاَ يَجِدُ مَنْ
يُوَجِّهُهُ إلَى الْقِبْلَةِ وَمَرْبُوطٍ عَلَى خَشَبَةٍ فَيُصَلِّي عَلَى
حَالِهِ وَيُعِيدُ وَيُعْتَبَرُ اِلاسْتِقْبَالُ بِالصَّدْرِ لاَ بِالْوَجْهِ أَيْضًا ِلأَنَّ
اِلالْتِفَاتَ بِهِ لاَ يُبْطِلُ الصَّلاَةَ قَوْلُهُ وَيُعِيدُ أَيْ لِعَدَمِ
اسْتِقْبَالِهِ وَمِنْهُ يُعْلَمُ أَنَّ اِلاسْتِقْبَالَ شَرْطٌ فِي حَقِّ
الْعَاجِزِ أَيْضًا إلاَ أَنْ يُقَالَ إنَّهُ لِلْقَادِرِ شَرْطٌ لِلصِّحَّةِ
وَلِلْعَاجِزِ شَرْطٌ لِلْإِجْزَاءِ فَتَأَمَّلْ قَوْلُهُ بِالصَّدْرِ أَيْ
بِجَمِيعِهِ يَقِينًا مَعَ الْقُرْبِ وَظَنًّا مَعَ الْبُعْدِ فَلَوْ خَرَجَ
جُزْءٌ مِنْهُ عَنْ مُحَاذَاةِ الْعَيْنِ لَمْ تَصِحَّ صَلاَتُهُ وَالْمُعْتَبَرُ
فِي اِلاسْتِقْبَالِ فِي الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ الْعُرْفُ لاَ الصَّدْرُ اهـ
20.
CARA NIAT SHALAT
SAAT WAKTU MAU HABIS
Shalat di akhir waktu tetap dikatakan adâ’, jika
masih menyisakan waktu yang cukup untuk mengerjakan satu rakaat. Apa yang harus
diucapkan seseorang dalam berniat, ketika waktu shalat tidak mencukupi untuk
mengerjakan satu rakaat?
Jawab: Harus niat shalat qadlâ’.
Referensi:
& حاشية الجمل الجزء صحـ : 280 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
( فَائِدَةٌ ) نَقَلَ الزَّرْكَشِيُّ كَالْقَمُوْلِيِّ
عَنْ اْلأَصْحَابِ أَنَّهُ حَيْثُ شَرَعَ فِيهَا فِي الْوَقْتِ نَوَى اْلأَدَاءَ
وَإِنْ لَمْ يَبْقَ مِنْهُ مَا يَسَعُ رَكْعَةً وَقَالَ اْلإِمَامُ لاَ وَجْهَ
لِنِيَّةِ اْلأَدَاءِ إذَا عُلِمَ أَنَّ الْوَقْتَ لاَ يَسَعُهَا بَلْ لاَ يَصِحُّ
وَاسْتَوْجَهَ حج فِي شَرْحِ الْعُبَابِ حَمْلَ كَلاَمِ اْلإِمَامِ عَلَى مَا إذَا
نَوَى اْلأَدَاءَ الشَّرْعِيَّ وَكَلاَمَ اْلأَصْحَابِ عَلَى مَا إذَا لَمْ
يَنْوِهِ وَالصَّوَابُ مَا قَالَهُ اْلإِمَامُ وَبِهِ أَفْتَى شَيْخُنَا الشِّهَابُ
الرَّمْلِيُّ اهـ شَوْبَرِيٌّ و ع ش عَلَى م ر اهـ
21.
MENG-QADLÂ’
SHALATNYA ORANG YANG TELAH MENINGGAL
Sekarang ini satu persatu tradisi wong NU, sudah mulai
digrogoti dan bahkan dianggap sesat oleh sebagian kalangan. Oleh karenanya,
jika Kang Santri yang merupakan tumpuan masyarakat tidak segera bertindak, maka
virus tersebut lambat laun akan menyebar di kalangan orang awam. Diantara
tradisi yang yang paling disorot oleh mereka adalah meng-qodhô-i shalatnya
orang yang sudah meninggal. Dimana pada waktu hidupnya, dia belum sempat untuk
meng-qadlâ’-inya, dikarenakan sakit atau lain sebagainya. Bolehkah meng-qadlâ’
shalatnya seseorang yang sudah meninggal? Dan adakah dalilnya?
Jawab: Menurut sebagian ulama’ hukumnya boleh. Sedangkan dalil
yang mendasarinya adalah:
مَا
رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ أَنَّ عَبْدَ اللهِ بنَ عُمَرَ رَضِى الله عَنْهُمَا أَمَرَ
امْرَأَةً جَعَلَتْ أُمُّهَا
عَلَى
نَفْسِهَا صَلاَةً بِقُبَاءَ يَعْنِيْ ثُمَّ مَاتَتْ فَقَالَ صَلِّيْ عَنْهَا
Referensi:
& إعانة الطالبين الجزء
1 صحـ : 33 مكتبة دار الفكر
( فَائِدَةٌ ) مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ
صَلاَةٌ فَلاَ قَضَاءَ وَلاَ فِدْيَةَ وَفِي قَوْلٍ كَجَمْعِ مُجْتَهِدِيْنَ أَنَّهَا
تُقْضَى عَنْهُ لِخَبَرِ الْبُخَارِيِّ وَغَيْرِهِ وَمِنْ ثَمَّ اخْتَارَهُ جَمْعٌ
مِنْ أَئِمَّتِنَا وَفَعَلَ بِهِ السُّبْكِيُّ عَنْ بَعْضِ أَقَارِبِهِ وَنَقَلَ
ابْنُ بُرْهَانٍ عَنِ الْقَدِيْمِ أَنَّهُ يَلْزَمُ الْوَلِيُّ إِنْ خَلَفَ تِرْكَةً
أَنْ يُصَلِّىَ عَنْهُ كَالصَّوْمِ وَفِي وَجْهٍ عَلَيْهِ كَثِيْرُوْنَ مِنْ أَصْحَابِنَا
أَنَّهُ يُطْعِمُ عَنْ كُلِّ صَلاَةٍ مُدًّا اهـ
& تحفة المحتاج في
شرح المنهاج الجزء 3 صحـ : 440 مكتبة دار
إحياء الترث العربي
وَلَوْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صَلاَةٌ أَوِ اعْتِكَافٌ لَمْ يُفْعَلْ عَنْهُ
وَلاَ فِدْيَةَ تُجْزِئُ عَنْهُ لِعَدَمِ وُرُودِ ذَلِكَ وَفِي اِلاعْتِكَافِ
قَوْلٌ إنَّهُ يُفْعَلُ عَنْهُ كَالصَّوْمِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ وَفِي الصَّلاَةِ
أَيْضًا قَوْلٌ إنَّهَا تُفْعَلُ عَنْهُ أَوْصَى بِهَا أَمْ لاَ حَكَاهُ الْعُبَادِيُّ
عَنْ الشَّافِعِيِّ وَغَيْرِهِ عَنْ إِسْحَاقَ وَعَطَاءٍ لِخَبَرٍ فِيهِ لَكِنَّهُ
مَعْلُولٌ بَلْ نَقَلَ ابْنُ بُرْهَانٍ عَنْ الْقَدِيمِ أَنَّهُ يَلْزَمُ الْوَلِيَّ
أَيْ إنْ خَلَفَ تِرْكَةً أَنْ يُصَلِّيَ عَنْهُ كَالصَّوْمِ وَوَجَّهَ عَلَيْهِ
كَثِيرُونَ مِنْ أَصْحَابِنَا أَنَّهُ يُطْعِمُ عَنْ كُلِّ صَلاَةٍ مُدًّا
وَاخْتَارَ جَمْعٌ مِنْ مُحَقِّقِي الْمُتَأَخِّرِينَ اْلأَوَّلَ وَفَعَلَ بِهِ
السُّبْكِيُّ عَنْ بَعْضِ أَقَارِبِهِ وَبِمَا تَقَرَّرَ يُعْلَمُ أَنَّ نَقْلَ جَمْعٍ
شَافِعِيَّةٍ وَغَيْرِهِمُ اْلإِجْمَاعَ عَلَى الْمَنْعِ الْمُرَادُ بِهِ إجْمَاعُ
اْلأَكْثَرِ وَقَدْ تُفْعَلُ هِيَ وَاِلاعْتِكَافُ عَنْ مَيِّتٍ كَرَكْعَتَيِ
الطَّوَافِ فَإِنَّهَا تُفْعَلُ عَنْهُ تَبَعًا لِلْحَجِّ وَكَمَا لَوْ نَذَرَ
أَنْ يَعْتَكِفَ صَائِمًا فَمَاتَ فَيَعْتَكِفُ الْوَلِيُّ أَوْ مَا دُونَهُ
عَنْهُ صَائِمًا اهـ
& فتاوى الأزهر الجزء
8 صحـ : 318 موقع وزارة الأوقاف المصرية
إِنَّ جُمْهُوْرَ الْعُلَمَاءِ عَلَى أَنَّ قَضَاءَ الصَّلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ
عَنِ الْمَيِّتِ مَمْنُوْعٌ وَنَقَلَ ابْنُ بَطَّالِ اْلإِجْمَاعَ عَلَيْهِ وَلَكِنِ
اْلإِجْمَاعُ غَيْرُ صَحِيْحٍ ِلأَنَّ هُنَاكَ مَنْ يَقُوْلُ بِجَوَازِ ذَلِكَ وَدَلِيْلُهُ:
1- مَا رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ أَنَّ عَبْدَ اللهِ بنَ عُمَرَ رَضِىَ الله عَنْهُمَا
أَمَرَ امْرَأَةً جَعَلَتْ أُمُّهَا عَلَى نَفْسِهَا صَلاَةً بِقُبَاءَ يَعْنِيْ ثُمَّ
مَاتَتْ فَقَالَ صَلِّيْ عَنْهَا 2- مَا رَوَاهُ ابْنُ أَبِىْ شَيْبَةَ بِسَنَدٍ صَحِيْحٍ
أَنَّ امْرَأَةً قَالَتْ لاِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِى اللّهُ عَنْهُمَا إِنَّ أُمَّهَا
نَذَرَتْ مَشْيًا إِلَى مَسْجِدِ قُبَاءَ أَيْ لِلصَّلاَةِ فَأَفْتَى ابْنَتَهَا أَنْ
تَمْشِىَ لَهَا وَأَخْرَجَهُ مَالِكٌ أَيْضًا فِى الْمُوَطَّأِ 3- أَنَّ بَعْضَ
التَّابِعِيْنِ وَعُلَمَاءُ السَّلَفِ أَجَازَ الصَّلاَةَ عَنِ الْمَيِّتِ قِيَاسًا
عَلَى الدُّعَاءِ وَالصَّدَقَةِ وَالْحَجِّ اهـ
22.
TIDAK FASHÎH
MEMBACA TAKBIR
Mungkin karena tidak
mengaji, seseorang ketika mengucapkan Takbirat al-Ihrâm dalam shalat, huruf Hamzah-nya ( أَكْبَرُ ) diganti dengan huruf wawu (وَكْبَرُ ). Sahkah shalatnya?
Jawab: Tidak sah dan harus mengaji dulu.
Referensi:
&
الفتاوى الفقهية الكبرى الجزء 1 صحـ
: 148 مكتبة الإسلامية
(
وَسُئِلَ ) نَفَعَ اللَّهُ بِعُلُومِهِ عَمَّنْ أَبْدَلَ هَمْزَةَ أَكْبَرُ وَاوًا
فَهَلْ يَصِحُّ ( فَأَجَابَ ) بِقَوْلِهِ لاَ يَصِحُّ عَلَى اْلأَوْجَهِ وَزَعَمَ
ابْنُ الْعِمَادِ أَنَّ قَوْلَ ابْنِ الْمُنِيرِ الْمَالِكِيِّ يَصِحُّ ِلأَنَّ
الْهَمْزَةَ قَدْ تُبْدَلُ وَاوًا كَإِشَاحٍ وَوِشَاحٍ غَيْرُ بَعِيدٍ فِيهِ
نَظَرٌ بَلْ هُوَ بَعِيدٌ إذِ الْمَدَارُ فِي لَفْظِ التَّكْبِيْرِ عَلَى اِلاتِّبَاعِ
مَا أَمْكَنَ وَكَذَا لَوْ أَبْدَلَ الْكَافَ هَمْزَةً اهـ
23.
SHALAT SAMBIL
BERSANDAR
Sebut saja Lina. Dia tergolong gadis cantik yang banyak
mendapat sorotan dari pemuda desanya. Sayangnya ketika di amati saat ia
melakukan shalat, ia layaknya anak kecil umur 5 tahun yang masih suka dolanan.
Bagaimana tidak, saat ia shalat, ia suka bersandar di tembok seperti nenek-nenek
lansia (lanjut usia) yang sudah tidak kuat berdiri lagi. Sahkah shalatnya Lina
yang bersandar di tembok pada saat berdiri?
Jawab: Sah, akan tetapi hukumnya makruh.
Referensi
:
& الاقناع في حل
ألفاظ أبي شجاع الجزء 2 صحـ : 9 مكتبة دار الفكر
وَشَرْطُ الْقِيَامِ نَصْبُ ظَهْرِ الْمُصَلِّيْ ِلأَنَّ اسْمَ
الْقِيَامِ دَائِرٌ مَعَهُ فَإِنْ وَقَفَ مُنْحَنِيًا إلَى قُدَّامِهِ أَوْ
خَلْفِهِ أَوْ مَائِلاً إلَى يَمِينِهِ أَوْ يَسَارِهِ بِحَيْثُ لاَ يُسَمَّى
قَائِمًا لَمْ يَصِحَّ قِيَامُهُ لِتَرْكِهِ الْوَاجِبَ بِلاَ عُذْرٍ وَاِلانْحِنَاءُ
السَّالِبُ لِِلاِسْمِ أَنْ يَصِيرَ إلَى الرُّكُوعِ أَقْرَبَ كَمَا فِي
الْمَجْمُوعِ وَلَوِ اسْتَنَدَ إلَى شَيْءٍ كَجِدَارٍ أَجْزَأَهُ مَعَ
الْكَرَاهَةِ وَلَوْ تَحَامَلَ عَلَيْهِ وَكَانَ بِحَيْثُ لَوْ رُفِعَ مَا
اسْتَنَدَ إلَيْهِ لَسَقَطَ لِوُجُودِ اسْمِ الْقِيَامِ وَإِنْ كَانَ بِحَيْثُ
يَرْفَعُ قَدَمَيْهِ إنْ شَاءَ وَهُوَ مُسْتَنِدٌ لَمْ يَصِحَّ ِلأَنَّهُ لاَ
يُسَمَّى قَائِمًا بَلْ مُعَلِّقٌ نَفْسَهُ اهـ
24.
MENGULANG-ULANG
AYAT DALAM AL-FATIHAH
Fatihah merupakan salah satu rukun qauly shalat.
Dalam membacanya disyaratkan harus muwâlah (terus-menerus) tanpa
disertai pemisah. Apakah mengulang-ulang bacaan Fatihah dapat memutus muwâlah-nya,
sehingga wajib memulai lagi dari awal?
Jawab: Tidak dianggap memutus muwâlah.
Referensi:
& الفتاوى الفقهية
الكبرى الجزء 1 صحـ : 141 مكتبة الإسلامية
( وَسُئِلَ ) رَضِيَ
اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ عَمَّنْ رَدَّدَ كَلِمَةً مِنْ الْفَاتِحَةِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ
ِلأَجْلِ مَخْرَجِ حَرْفٍ هَلْ يَسْتَأْنِفُ الْقِرَاءَةَ أَمْ لاَ فَأَجَابَ
بِقَوْلِهِ حَيْثُ رَدَّدَ الْكَلِمَةَ الَّتِي هُوَ فِيهَا ثَلاَثًا أَوْ
أَكْثَرَ لَمْ تَبْطُلْ قِرَاءَتُهُ وَلاَ مُوَالاَتُهُ سَوَاءٌ كَانَ لِعُذْرٍ
أَمْ لِغَيْرِهِ
25.
BACA FATIHAH
BERGAYA LOGHAT ARAB
Mungkin terlalu ke-arab-arab-an, seseorang ketika
membaca Fatihah huruf Qaf-nya lafadz ( الصِِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ) menyerupai huruf Kaf. Sahkah shalatnya orang
tersebut?
Jawab: Shalatnya sah.
Referensi:
& بغية المسترشدين
للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 67 مكتبة دار الفكر
وَاخْتَلَفَ الْعُلَمَاءُ
فِي النُّطْقِ بقَافِ الْعَرَبِ الْمُتَرَدِّدَةِ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْكاَفِ فَقَالَ
كَثِيْرُوْنَ تُجْزِي الْقِرَاءَةُ بِِلاَ كَرَاهَةٍ مِنْهُمْ الْمُزَجَّدُ وَالشَّيْخُ
زَكَرِيَّا فِي شَرْحِ الْبَهْجَةِ وَابْنُ الرِّفْعَةِ وَعُلَمَاءُ حَضْرَمَوْتَ
وَأَوْلِياَؤُهَا وَقَدْ سَأَلَ اْلعَلاَّمَةُ الْقَاضِيْ سَقَافُ بْنُ مُحَمَّدٍ
شَيْخَهُ الْعَلاَّمَةَ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَبْدِ اللهِ بَلْفَقِيْه عَنِ الْقِرَاءَةِ
بِهَا فَأَجَابَهُ بِأَن لاَّ يُنْهَى مَنْ قَرَأَ بِهَا وَأَنْ يَقْرَأَ هُوَ بِهَا
قَالَ وَعِنْدَنَا مِنَ اِلاطِّلاَعِ عَلىَ صِحَّةِ الصَّلاَةِ بِلاَ كَرَاهَةٍ شَيْءٌ
كَثِيْرٌ اهـ
0 komentar:
Post a Comment