ISTIJA'
1.
Kencing di air
Anton adalah pemuda yang hobinya berenang, baik
ia lakukan di sungai atau kolam renang. Namun ia belum bisa menghilangkan
kebiasaan buruknya, yaitu suka kencing di sungai atau di kolam saat ia
berenang. Bagaimana hukum kencing di sungai atau di kolam renang disaat
berenang?
Jawab: Jika airnya sedikit maka hukumnya makruh, baik airnya
mengalir atau diam. Namun menurut Imam Nawawi hukumnya haram.
Referensi: (beres rohmat)
&
حاشية
الجمل الجزء 1 صـ : 89 مكتبة دار الفكر
وَأَنْ لَا يَقْضِيَ حَاجَتَهُ فِي
مَاءٍ رَاكِدٍ و لَا فِي جُحْرٍ وَمَهَبِّ رِيحٍ وَمُتَحَدَّثٍ لِلنَّاسِ وَتَحْتَ
مَا يُثْمِرُ لِلنَّهْيِ عَنْ الْبَوْلِ فِيهِ فِي خَبَرِ مُسْلِمٍ وَمِثْلُهُ
الْغَائِطُ بَلْ أَوْلَى وَالنَّهْيُ فِي ذَلِكَ لِلْكَرَاهَةِ وَإِنْ كَانَ
الْمَاءُ قَلِيلًا لِإِمْكَانِ طُهْرِهِ بِالْكَثْرَةِ أَمَّا الْجَارِي فَفِي
الْمَجْمُوعِ عَنْ جَمَاعَةٍ الْكَرَاهَةُ فِي الْقَلِيلِ مِنْهُ دُونَ الْكَثِيرِ
ثُمَّ قَالَ وَيَنْبَغِي أَنْ يَحْرُمَ الْبَوْلُ فِي الْقَلِيلِ مُطْلَقًا
لِأَنَّ فِيهِ إتْلَافًا عَلَيْهِ وَعَلَى غَيْرِهِ وَأَمَّا الْكَثِيرُ
فَالْأَوْلَى اجْتِنَابُهُ اهـ
17. Habis Istinja’ Tangan Masih Bau Kotoran
Bagi seseorang yang bersuci menggunakan air, katika
dipastikan sudah bersih, kadang tangan yang digunakan untuk membersihkan
kotoran tersebut masih berbau kotoran. Apakah wajib bersuci kembali Jika
tangannya masih tercium bau kotoran,? (beres rohmat)
Jawab: Ada dua versi
dalam hal ini:
@ Versi pertama, Dengan terdapatnya bau
kotoran ditangannya menunjukkan najis yang terdapat pada alat kemaluan belum
hilang, oleh karena itu baginya wajib bersuci lagi. Dan disunnahkan mencium
tangannya.
@ Sedangkan versi kedua, tidak wajib
mengulang lagi. Sebab bau tersebut menunjukkan masih terdapatnya najis hanya pada
tangan saja. Dan baginya tidak sunnah mencium.
Catatan: Perbedaan diatas, jika bau tersebut tidak sulit untuk
dihilangkan. Namun apabila sulit dihilangkan setelah ada upaya, maka dihukumi
suci.
Referensi:
&
المجموع
الجزء 2 صـ : 128 مكتبة مطبعة المنيرية
(
الثَّالِثَةُ ) إذَا أَرَادَ الِاسْتِنْجَاءَ فِي الدُّبُرِ بِالْمَاءِ
اُسْتُحِبَّ أَنْ يَعْتَمِدَ عَلَى أُصْبُعِهِ الْوُسْطَى لِأَنَّهُ أَمْكَنُ
ذَكَرَهُ الْمَاوَرْدِيُّ وَغَيْرُهُ وَيَسْتَعْمِلُ مِنْ الْمَاءِ مَا يَظُنُّ
زَوَالَ النَّجَاسَةِ بِهِ فَإِنْ فَعَلَ ذَلِكَ ثُمَّ شَمَّ مِنْ يَدِهِ
رَائِحَةَ النَّجَاسَةِ فَوَجْهَانِ حَكَاهُمَا
الْمَاوَرْدِيُّ وَغَيْرُهُ ( أَحَدُهُمَا ) يَدُلُّ ذَلِكَ عَلَى بَقَاءِ
النَّجَاسَةِ فَتَجِبُ إزَالَتُهَا بِزِيَادَةِ الْغَسْلِ وَعَلَى هَذَا
يُسْتَحَبُّ شَمُّ الْأُصْبُعِ قَالَ الْمَاوَرْدِيُّ وَهَذَا مُسْتَبْعَدٌ ,
وَإِنْ كَانَ مَقُولًا ( وَالثَّانِي ) لَا يَدُلُّ عَلَى بَقَاءِ النَّجَاسَةِ
فِي مَحِلِّ الِاسْتِنْجَاءِ وَيَدُلُّ عَلَى بَقَائِهَا فِي الْأُصْبُعِ فَعَلَى
هَذَا لَا يُسْتَحَبُّ شَمُّ الْأُصْبُعِ اهـ
&
حاشية
البجيرمي على الخطيب - الجزء 1 صـ: 317 مكتبة دار الفكر
وَالْعَيْنِيَّةُ يَجِبُ إزَالَةُ
صِفَاتِهَا مِنْ طَعْمٍ وَلَوْنٍ وَرِيحٍ إلَّا مَا عَسِرَ زَوَالُهُ مِنْ لَوْنٍ
أَوْ رِيحٍ ، فَلَا يَجِبُ إزَالَتُهُ بَلْ يَطْهُرُ الْمَحَلُّ – إلى أن قال- وَلَا تَجِبُ الِاسْتِعَانَةُ فِي زَوَالِ الْأَثَرِ
بِغَيْرِ الْمَاءِ إلَّا إنْ تَعَيَّنَتْ قَوْلُهُ (
يَجِبُ إزَالَةُ صِفَاتِهَا ) أَيْ بَعْدَ إزَالَةِ جُرْمِهَا ق ل وَإِزَالَةُ
الصِّفَاتِ بِحَيْثُ يَغْلِبُ عَلَى ظَنِّهِ زَوَالُهَا وَلَا يَجِبُ عَلَيْهِ
اخْتِبَارُهَا بِالشَّمِّ وَالْبَصَرِ وَنَحْوِهِمَا قَوْلُهُ ( إلَّا مَا عَسِرَ
زَوَالُهُ ) وَضَابِطُ الْعُسْرِ قَرْضُهُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ مَعَ الِاسْتِعَانَةِ
الْآتِيَةِ ا هـ ق ل وَالْقَرْضُ هُوَ الْحَتُّ بِأَطْرَافِ الْأَصَابِعِ وَهُوَ
بِالضَّادِ الْمُعْجَمَةِ أَوْ بِالصَّادِ الْمُهْمَلَةِ قَوْلُهُ ( مِنْ لَوْنٍ )
كَلَوْنِ الدَّمِ أَوْ رِيحٍ كَرِيحِ الْخَمْرِ بِحَيْثُ لَا يَزُولُ
بِالْمُبَالَغَةِ بِنَحْوِ الْحَتِّ وَالْقَرْضِ وَلَوْ مِنْ مُغَلَّظَةٍ سَوَاءٌ
فِي ذَلِكَ الثَّوْبُ وَالْأَرْضُ وَالْإِنَاءُ وَقَوْلُهُ ( بَلْ يَطْهُرُ
الْمَحَلُّ ) أَيْ طُهْرًا حَقِيقِيًّا لَا أَنَّهُ نَجِسٌ مَعْفُوٌّ عَنْهُ
حَتَّى لَوْ أَصَابَهُ بَلَلٌ لَمْ يَتَنَجَّسْ إذْ لَا مَعْنَى لِلْغُسْلِ إلَّا
الطَّهَارَةُ وَالْأَثَرُ الْبَاقِي مِمَّا يَشُقُّ الِاحْتِرَازُ عَنْهُ
18. Menjalankan kotal amal ketika khutbah
berlangsung
Ada
sebagian tradisi, dimana saat khutbah berlangsung, kotak amal dikelilingkan ke
seluruh jamâ’ah. Akibatnya, para jamâ’ah, mau tidak mau harus memindah kotak
amal ke jamâ’ah yang lain dan begitu seterusnya sampai kebelakang. Bagaimana
fiqh menyikapi kasus di atas?
Jawab: Hukumnya
makruh, karena dapat mengganggu konsentrasi mendengarkan khutbah.
ReferensiLberes rohmat)
&
حاشية الجمل الجزء 2 صـ : 36 مكتبة دار الفكر
قَوْلُهُ
وَيُكْرَهُ الْمَشْيُ بَيْنَ الصُّفُوفِ لِلسُّؤَالِ وَدَوْرَانِ الْإِبْرِيقِ
وَالْقِرَبِ لِسَقْيِ الْمَاءِ وَتَفْرِقَةِ الْأَوْرَاقِ وَالتَّصَدُّقِ
عَلَيْهِمْ لِأَنَّهُ يُلْهِي النَّاسَ عَنْ الذِّكْرِ وَاسْتِمَاعِ الْخُطْبَةِ
اهـ
MANDI
Ragu-ragu
antara seperma dan madzi
1.
Kadang
seseorang kebingungan menentukan carian yang keluar dari kemaluannya, apakah
itu seperma atau madzi? Sebab kadang ada seperma yang tidak terlalu kentel.
Sikap apa yang harus diambil seseorang yang merasa ragu-ragu antara keluar
sperma atau madzi?
Jawab: Baginya
diperkenankan memilih antara seperma atau madzi. Dan konsekuensinya,
jika memilih seperma, maka ia wajib mandi. Apabila memilih madzi, maka
dia hanya wajib berwudlû dan disertai mensucikan bagian tubuh atau pakaian yang
terkena madzi.(beres rohmat)
Referensi:
&
بجيرمي على الخطيب الجزء 1صـ : 228 مكتبة دار
الفكر
فَإِنْ
اُحْتُمِلَ كَوْنُ الْخَارِجِ مَنِيًّا أَوْ غَيْرَهُ كَوَدْيٍ أَوْ مَذْيٍ
تَخَيَّرَ بَيْنَهُمَا عَلَى الْمُعْتَمَدِ فَإِنْ جَعَلَهُ مَنِيًّا اغْتَسَلَ
أَوْ غَيْرَهُ تَوَضَّأَ وَغَسَلَ مَا أَصَابَهُ لِأَنَّهُ إذَا أَتَى بِمُقْتَضَى
أَحَدِهِمَا بَرِئَ مِنْهُ يَقِينًا وَالْأَصْلُ بَرَاءَتُهُ مِنْ الْآخَرِ وَلَا
مُعَارِضَ لَهُ اهـ
Seperma Misterius
2.
Sebut
saja mas Arul, pada suatu ketika dia nonton TV bersama teman-teman dirumahnya
yang kebetulan acaranya Liga Campaion. Karena sudah larut malam, akhirnya
mereka ketiduran di depan TV. Namun setelah bangun tidur, mas Arul dikejutkan
dengan keberadaan seperma yang berceceran dipakaiannya. Padahal pada waktu
tidur dia tidak bermimpi apa-apa. Apakah mas Arul wajib mandi dalam kasus
tersebut?
Jawab: Diperinci;
@ Jika tidak dimungkinkan dari orang
lain, maka dia wajib mandi.
@ Jika dimungkinkan dari orang lain,
maka baginya dan orang yang tidur disampingnya disunahkan mandi. (beres rohmat)
Referensi:
&
حاشية
البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صـ : 231 مكتبة دار الفكر
( فَرْعٌ ) لَوْ رَأَى فِي
فِرَاشِهِ أَوْ ثَوْبِهِ وَلَوْ بِظَاهِرِهِ مَنِيًّا لَا يُحْتَمَلُ أَنَّهُ مِنْ
غَيْرِهِ لَزِمَهُ الْغُسْلُ وَإِعَادَةُ كُلِّ صَلَاةٍ لَا يُحْتَمَلُ خُلُوُّهَا
عَنْهُ وَيُسَنُّ إعَادَةُ كُلِّ صَلَاةٍ اُحْتُمِلَ خُلُوُّهَا عَنْهُ وَإِنْ
اُحْتُمِلَ كَوْنُهُ مِنْ آخَرَ نَامَ مَعَهُ فِي فِرَاشِهِ مَثَلًا فَإِنَّهُ
يُسَنُّ لَهُمَا الْغُسْلُ وَالْإِعَادَةُ
اهـ
Hadas kecil bisa hilang dengan mandi
besar
3.
Banyak
orang menyangka bahwa mandi besar tidak dapat mencakup pada hadas kecil.
Sehingga bagi mereka yang berhadas besar dan kecil, untuk menghilangkan kedua
hadast tersebut harus mandi dan berwudhu. Apakah mandi besar (janâbat)
dapat mencukupi untuk menghilangkan hadats kecil?
Jawab: Dianggap cukup, asalkan ketika mandi tidak
melakukan hal-hal yang membatalkan wudlû.
ReferensiLberes rohmat)
&
أسنى
المطالب الجزء 1 صـ : 35 مكتبة دار الكتاب الإسلامي
( وَلَوْ أَحْدَثَ وَأَجْنَبَ ) مَعًا أَوْ مُرَتَّبًا (
أَجْزَأَهُ الْغُسْلُ عَنْهُمَا ) لِانْدِرَاجِ الْأَصْغَرِ وَإِنْ لَمْ يَنْوِهِ
فِي الْأَكْبَرِ لِظَوَاهِرِ الْأَخْبَارِ كَخَبَرِ أَمَّا أَنَا فَيَكْفِينِي
أَنْ أَصُبَّ عَلَى رَأْسِي ثَلَاثًا ثُمَّ أُفِيضُ عَلَى سَائِرِ جَسَدِي رَوَاهُ
أَحْمَدُ وَصَحَّحَهُ النَّوَوِيُّ اهـ
Anus wajib dibasuh ketika mandi besar
4.
Entah
karena belum paham atau yang lain. Tak jarang masyarakat ketika mandi besar
kurang memperhatikan dalam hal meratakan air pada tubuh terutama dibagian yang nyelempit-nyelempit
seperti anus.. Apakah hukumnya wajib membasuh anus ketika mandi besar?
Jawab:
Wajib.(beres rohmat)
Referensi:
&
حواشي
الشرواني الجزء 1 صـ : 277 مكتبة دار إحياء التراث العربي
( قَوْلُهُ لَمْ يَجِبْ
غَسْلُهَا إلَخْ ) وَيَجِبُ غَسْلُ الْمَسْرَبَةِ مِنْ الْجَنَابَةِ لِأَنَّهَا
تَظْهَرُ فِي وَقْتٍ فَتَصِيرُ مِنْ ظَاهِرِ الْبَدَنِ شَرْحُ أَبِي شُجَاعٍ
لِلْغَزِّيِّ وَهِيَ مُلْتَقَى الْمَنْفَذِ فَيَسْتَرْخِي قَلِيلًا لِيَصِلَ الْمَاءُ
إلَى ذَلِكَ شَيْخُنَا اهـ
Bagian dalm hidung dan mulut tidak
wajib dibasuh
5.
Untuk
menghilangkan hadas besar ketika mandi harus mengalirkan air pada seluruh badan.
Namun banyak masyarakat yang belum mengetahui batasan tubuh yang harus disiram,
seperti bagian dalam hidung yang tampak, mulut dan sesamanya. Apakah bagian
dalam hidung dan mulut termasuk anggota yang wajib dibasuh ketika mandi besar?
Jawab: Tidak
wajib.(rohmat beres)
Referensi:
&
الفتاوى
الفقهية الكبرى الجزء 1 صـ : 53 مكتبة
الإسلامية
( وَسُئِلَ ) نَفَعَ اللَّهُ بِهِ بِمَا صُورَتُهُ الْفَمُ وَالْأَنْفُ
لَا يَخْلُو إمَّا أَنْ يَكُونَا مِنْ الظَّاهِرِ أَوْ الْبَاطِنِ فَإِنْ كَانَا
مِنْ الظَّاهِرِ فَلِمَ لَمْ يَجِبْ غَسْلُهُمَا فِي الْوُضُوءِ وَالْغُسْلِ
وَلَمْ يُفْطِرْ إذَا ابْتَلَعَ رِيقَهُ مِنْهُمَا وَإِنْ كَانَا مِنْ الْبَاطِنِ
فَلِمَ يَجِبُ غَسْلُهُمَا إذَا تَنَجَّسَا وَيُفْطِرُ الصَّائِمُ إذَا تَقَايَأَ
وَوَصَلَ الْقَيْءُ إلَيْهِمَا وَلَمْ يُجَاوِزْهُمَا ثُمَّ رَجَعَ مِنْهُ شَيْءٌ
لِلْجَوْفِ عَمْدًا ( فَأَجَابَ ) بِقَوْلِهِ هُمَا مِنْ الْبَاطِنِ إلَّا فِي
مَسَائِلِ النَّجَاسَةِ بِالنِّسْبَةِ لِوُجُوبِ الْغُسْلِ وَالْإِفْطَارِ
وَنَحْوِهِمَا وَالْفَرْقُ أَنَّ
النَّجَاسَةَ أَغْلَظُ وَأَفْحَشُ فَمِنْ ثَمَّ وَجَبَ غَسْلُهَا حَيْثُ سَهُلَ
وَإِنْ كَانَتْ فِي مَحَلٍّ مَحْكُومٍ عَلَيْهِ أَنَّهُ مِنْ الْبَاطِنِ فَجُعِلَ
بِالنِّسْبَةِ لَهَا ظَاهِرًا لِسُهُولَةِ ذَلِكَ مَعَ فُحْشِهَا وَغِلَظِهَا اهـ
Berkumur dan menghirup air ketika
mandi besar
6.
Sebagaimana
yang telah kita ketahui bersama, bahwa berkumur dan menghirup air kedalam
hidung merupakan bagian kesunnahan dalam berwudhu. Apakah dua hal tersebut juga
disunahkan ketika mandi besar sebagaimana dalam wudlû?
Jawab: Disunahkan,
bahkan termasuk sunah muakkad.
ReferensiLberes rohmat)
&
الفتاوى
الفقهية الكبرى الجزء 1 صـ : 63 مكتبة الإسلامية
وَنَقَلَهُ فِي الْمَجْمُوعِ عَنْ الْأَصْحَابِ أَنَّهُ يُنْدَبُ فِي
الْغُسْلِ الْمَضْمَضَةُ وَالِاسْتِنْشَاقُ ثُمَّ الْوُضُوءُ كَامِلًا بِأَنْ
يَأْتِيَ بِجَمِيعِ سُنَنِهِ وَمِنْهَا التَّسْمِيَةُ وَمَا بَعْدَهَا
كَالْمَضْمَضَةِ وَالِاسْتِنْشَاقِ وَغَيْرِهِمَا وَأَنَّهُ يُكْرَهُ تَرْكُ كُلٍّ
مِنْ الثَّلَاثَةِ لِأَنَّ كُلًّا سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ فَيُعِيدُ الثَّلَاثَةَ
لَكِنْ نَدْبُ إعَادَةِ الْمَضْمَضَةِ وَالِاسْتِنْشَاقِ آكَدُ وَمِنْ ثَمَّ نَصَّ
الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَلَى نَدْبِ إعَادَتِهِم اهـ
Wudlû dalam mandi sunah
7.
Sebagaimana
kita tahu bahwa dalam mandi wajib terdapat beberapa kesunhan, diantaranya mendahulukan
bagian anggota sebelah kanan, menggosok anggota badan, berwudlû sebelum mandi
dan lain sebagainya. Apakah kesunahan wudlû juga berlaku dalam mandi sunah?
Jawab: Ya, juga berlaku dalam mandi sunah.
Referensi: beres rohmat
&
فتاوى
الرملي الجزء 1 صـ : 57 مكتبة الإسلامية
( سُئِلَ ) عَنْ قَوْلِهِمْ
يُسَنُّ الْوُضُوءُ لِلْغُسْلِ الْوَاجِبِ هَلْ الْغُسْلُ الْمَسْنُونُ مِثْلُهُ
فِيهِ كَمَا نُقِلَ عَنْ تَهْذِيبِ الْأَسْمَاءِ أَمْ لَا ( فَأَجَابَ )
بِأَنَّهُمْ عَبَّرُوا بِالْغُسْلِ الْوَاجِبِ لِيَشْمَلَ غُسْلَ الْحَيْضِ
وَالنِّفَاسِ وَالْوِلَادَةِ بِلَا بَلَلٍ وَغُسْلَ الْمَيِّتِ وَجَرَوْا فِيهِ
عَلَى الْغَالِبِ فَيُسْتَحَبُّ الْوُضُوءُ فِي الْغُسْلِ الْمَسْنُونِ أَيْضًا
إذْ هُوَ عَلَى صُورَةِ الْغُسْلِ الْوَاجِبِ
اهـ
Mandi Jum’at sama dengan mandi wajib
8.
Diantara
rukun dalam mandi wajib adalah, meratakan air keseluruh anggota badan tak
terkecuali lempitan-lempitan semisal anus, selakangan dan sesamanya yang oleh
sebagian orang kurang diperhatikan. Apakah untuk mendapatkan kesunahan mandi
Jum’at, hurus membasuh seluruh tubuh sebagaimana mandi wajib?
Jawab: Ya,
diharuskan.
Referensi: beres rohmat
&
الفتاوي
الكبرى لابن حجر الهيتمي الجزء 1 صـ : 62 المكتبة الإسلامية
( وَسُئِلَ ) رضي الله عنه هَلْ يَتَوَقَّفُ حُصُولُ السُّنَّةِ فِي
نَحْوِ غُسْلِ الْجُمُعَةِ عَلَى غَسْلِ جَمِيعِ بَدَنِهِ كَغُسْلِ الْجَنَابَةِ
أَوْ لَا ( فَأَجَابَ ) بِقَوْلِهِ نَعَمْ يَتَوَقَّفُ حُصُولُ السُّنَّةِ عَلَى
غَسْلِ جَمِيعِهِ لَا صِحَّةَ الْغُسْلِ عَلَى ذَلِكَ فَلَوْ غَسَلَ بَعْضَهُ
صَحَّ غُسْلُهُ لَكِنْ لَا يَحْصُلُ الْمَقْصُودُ حَتَّى يُكْمِلَ غَسْلَ
الْبَاقِي مِنْهُ اهـ
Memotong kuku bagi orang yang
berhadast besar
9.
Ada
sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa orang yang berhadast besar, kuku
atau rambutnya yang terlanjur dipotong harus dibasuh. Sehingga tak jarang
mereka mendapat teguran ketika akan memotong kuku atau rambutnya. Bagaimana
hukum memotong kuku atau rambut dalam keadaan hadast besar ?
Jawab: Makruh, artinya bagi orang yang berhdast besar sunah tidak
memotong kuku atau rambunya.
Referensi: beres rohmat
&
حاشيتا
قليوبي الجزء 1 صـ : 101 مكتبة دار الكتب العلمية
( فَائِدَةٌ ) قَالَ فِي الْإِحْيَاءِ لَا يَنْبَغِي لِلْإِنْسَانِ أَنْ
يُزِيلَ شَيْئًا مِنْ شَعْرِهِ أَوْ يَقُصَّ شَيْئًا مِنْ ظُفْرِهِ أَوْ
يَسْتَحِدَّ أَوْ يُخْرِجَ دَمًا أَوْ يُبِينَ مِنْ نَفْسِهِ جُزْءًا وَهُوَ
جُنُبٌ إذْ سَائِرُ أَجْزَائِهِ تُرَدُّ إلَيْهِ فِي الْآخِرَةِ فَيَعُودُ جُنُبًا
وَيُقَالُ إنَّ كُلَّ عَشَرَةٍ تُطَالِبُهُ بِجَنَابَتِهَا انْتَهَى وَفِي عَوْدِ
نَحْوِ الدَّمِ نَظَرٌ وَكَذَا فِي غَيْرِهِ لِأَنَّ الْعَائِدَ هُوَ الْأَجْزَاءُ
الَّتِي مَاتَ عَلَيْهَا إلَّا نَقْصَ نَحْوِ عُضْوٍ فَرَاجِعْهُ اهـ
& نهاية الزين صـ :31 مكتبة الحرمين
ومن لزمه غسل يسن له أن لا يزيل شيئا من بدنه ولو دما أو شعرا أو ظفرا حتى
يغتسل لأن كل جزء يعود له في الآخرة فلو أزاله قبل الغسل عاد إليه الحدث الأكبر
تبكيتا للشخص.
Penggabungan niat dalam
mandi wajib dan sunah
10. “Sekali dayung dua pulau dilampaui”
begitulah gambaran yang tercermin disetiap tindakan Kang Santri. Biagaimana
tidak, ketika sedang mandi besar yang bertepatan dengan hari jum’at, Ia berniat
mandi besar sekaligus digabung dengan
niat mandi sunnah jum’at, supaya dapat dua pahala dalam satu pekerjaan. Apakah dengan
penggabungan niat dalam diskripsi diatas, Kang Santri bisa mendapatkan dua
pahala?
Jawab: Ya, mendapatkan dua pahala,
namun yang lebih utama, dua mandi tersebut disendirikan.
ReferensiLberes rohmat)
&
هامش اعانة
الطالبين الجزء 1 صـ : 96 مكتبة دار الفكر
(فَرْعٌ) لَوِ اغْتَسَلَ لِجَنَابَةٍ وَنَحْوِ
جُمْعَةٍ بَنِيَّتِهِمَا حَصَلاَ وَإِنْ كَانَ اْلأَفْضَلُ إِفْرَادُ كُلٍّ بِغُسْلٍ
أَوْ لِأَحَدِهِمَا حَصَلَ فَقَطُّ اهـ
NAJASAH
Debu mengenai pakaian yang basah
1.
Pada musim kemarau, dimana
angin bertiup kencang, banyak debu-debu berterbangan kemana-mana. Bahkan ada yang sampai mengenai
baju yang masih basah dijemuran. Padahal debu tersebut biasanya tercampur
dengan benda-benda najis seperti kotoran sapi, ayam dan lain sebagainya. Bagaimana
setatus kesucian baju tersebut?
Jawab: Hukumnya diperinci; suci, jika debu tersebut tidak yakin
tercampur dengan najis. Namun bila yakin tercampur najis, hukumnya di-ma'fu,
karna sulit dihindarkan.
Referensi : (beres rohmat)
& الفوائد الجنية صـ : 230 مكتبة دار الفكر
(والعسر) أى عسر تجنب الشئ كذرق الطيور فى
المساجد والمطاف وغبار الطريق ونحو ذلك مما تعم به البلوى ويعسر تجنبه.(وغبار
الطريق) أى الذي يغلب فيه الروث والزبل اهـ
Danging yang sudah dibumbui terkena najis
2.
Suatu saat pak. Jeje mengadakan acara tasyakuran sebagai bentuk
rasa syukur atas kelahiran anaknya. Semua kebutuhan sudah beliau persiapkan,
mulai dari bumbu, beras, daging dan lain-lain. Namun kebahagiaan pak. Jeje sedikit
terganggu, ketika ada sebagian daging yang sudah dibumbui, ternyata masih
terdapat darah yang tidak di-ma’fu. Bagaimana cara mensucikan daging yang
telah dibumbui saat tercampur dengan
najis? (beres rohmat)
Jawab:
Cukup membasuh bagian luarnya saja, walaupun bumbu dibagian dalamnya masih
terasa.
Referensi:
&
بغية المسترشدين للسيد باعلوي
الحضرمي صـ : 27 مكتبة دار الفكر
(
مَسْأَلَةٌ ي ) لَحْمٌ عَلَيْهِ دَمٌّ غَيْرُ مَعْفُوٍّ عَنْهُ ذَرَّ عَلَيْهِ مِلْحٌ
فَتَشَرَّبَهَا طَهُرَ بِإِزَالَةِ الدَّمِّ وَإِنْ بَقِيَ طَعْمُ الْمِلْحِ كَحَبِّ
أَوْ لَحْمٍ طُبِخَ بِبَوْلٍ فَيَكْفِيْ غَسْلُ ظَاهِرِهِ وَإِنْ بَقِيَ طَعْمُ الْبَوْلِ
بِبَاطِنِهِ إِذْ تَشَرَّبَ مَا ذُكِرَ كَتَشَرُّبِ الْمَسَامِ كَمَا فِي التُّحْفَةِ اهـ
Darah dan nanah yang di-ma'fu
3.
Bisul
dan jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering menyerang setiap
orang, sekalipun penyakit ini tergolong remeh, akan tetapi bisa membuat orang
kerepotan. Apalagi terkait dengan najisnya darah atau nanah yang keluar akibat
penyakit kulit tersebut. Bagaimanakah kejelasan hukum mengenai perihal di-ma'fu
dan tidaknya darah atau nanah?
Jawab: Kesimpulan hukumnya sebagai berikut;
§ Darah tidak di-ma'fu, baik sedikit
atau banyak, jika;
@ Dari najis mughôladhoh.
@ Sengaja menyentuhnya (tadlommukh).
@ Bercampur dengan yang lain.
§ Darah di-ma'fu asalkan sedikit,
jika;
@ Darah yang keluar akibat dipecah (jawa: pencet).
@ Atau darah orang lain dengan syarat tidak
melumurinya.
§ Darah di-ma'fu walaupun banyak,
jika;
@ Bukan darah orang lain.
@ Keluar dengan sendirinya.
@ Darah tidak sampai menyebar melewati tempat
keluarnya, kecuali menetes pada anggota yang biasa terkena tetesannya, seperti
lutut terluka, kemudian darahnya mengalir sampai ke tulang betis.
Referensi : beres rohmat
&
حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صـ : 322
مكتبة دار الفكر
حَاصِلُ مَسَائِلِ الدَّمِ وَالْقَيْحِ بِالنَّظَرِ لِلْعَفْوِ
وَعَدَمِهِ أَنَّهَا ثَلَاثَةُ أَقْسَامٍ الْأَوَّلُ مَا لَا يُعْفَى عَنْهُ
مُطْلَقًا أَيْ قَلِيلًا أَوْ كَثِيرًا وَهُوَ الْمُغَلَّظُ وَمَا تَعَدَّى
بِتَضَمُّخِهِ وَمَا اخْتَلَطَ بِأَجْنَبِيٍّ عَلَى مَا يَأْتِي وَالثَّانِي مَا
يُعْفَى عَنْ قَلِيلِهِ دُونَ كَثِيرِهِ وَهُوَ الدَّمُ الْأَجْنَبِيُّ
وَالْقَيْحُ الْأَجْنَبِيُّ إذَا لَمْ يَكُنْ مِنْ مُغَلَّظٍ وَلَمْ يَتَعَدَّ
بِتَضَمُّخِهِ وَالثَّالِثُ الدَّمُ وَالْقَيْحُ غَيْرُ الْأَجْنَبِيَّيْنِ كَدَمِ
الدَّمَامِيلِ وَالْقُرُوحِ وَالْبَثَرَاتِ وَمَوْضِعِ الْفَصْدِ وَالْحِجَامَةِ
بَعْدَ سَدِّهِ بِنَحْوِ قُطْنَةٍ فَيُعْفَى عَنْ كَثِيرِهِ كَمَا يُعْفَى عَنْ
قَلِيلِهِ وَإِنْ انْتَشَرَ لِلْحَاجَةِ مَا لَمْ يَكُنْ بِفِعْلِهِ أَوْ
يُجَاوِزُ مَحَلَّهُ وَإِلَّا عُفِيَ عَنْ قَلِيلِهِ- الى أن قال -وَقَوْلُهُ
أَوْ يُجَاوِزُ مَحَلَّهُ قَالَ سم الْعَبَّادِيُّ الْمُرَادُ بِمَحَلِّهِ مَحَلُّ
خُرُوجِهِ وَمَا انْتَشَرَ إلَى مَا يَغْلِبُ إلَيْهِ التَّقَاذُفُ كَمِنَ الرُّكْبَةِ
إلَى قَصَبَةِ الرِّجْلِ فَعُفِيَ عَنْهُ حِينَئِذٍ إذَا لَاقَى ثَوْبَهُ مَثَلًا
فِي هَذِهِ الْحَالَةِ اهـ
4.
Setandar darah yang di ma’fu
Sebagaimana
yang telah kita ketahui, bahwa darah yang sedikit hukumnya dima’fu. Baik itu
darah jerawat, darah nyamuk atau yang lain. Hal ini menuntut kita untuk lebih
tau sejauh mana tolak ukur sedikit dan tidaknya darah yang dihukumi ma’fu. Sebatas
manakah standar sedikit banyaknya darah yang ma’fu?
Jawab: Dikembalikan pada urf, artinya jika
menurut penilain umum darah tersebut dianggap sedikit maka hukumnya dima’fu.
Referensi:
beres rohmat
& إعانة الطالبين الجزء
1 صـ : 122 مكتبة دار الفكر
(قَوْلُهُ وَالْمَرْجِعُ فِي الْقِلَّةِ وَالْكَثْرَةِ الْعُرْفِ ) أَيْ
فَمَا عَدَّهُ الْعُرْفُ قَلِيْلاً فَهُوَ قَلِيْلٌ وَمَا عَدَّهُ كَثِيْرًا فَهُوَ
كَثِيْرٌ وَقِيْلَ الْكَثِيْرُ مَا بَلَغَ حَدًّا يَظْهَرُ لِلنَّاظِرِ مِنْ غَيْرِ
تَأَمُّلٍ وَإِمْعَانٍ
وَقِيْلَ إِنَّهُ مَا زَادَ عَلَى الدِّيْنَارِ وَقِيْلَ إِنَّهُ قَدْرُ الْكَفِّ
فَصَاعِدًا وَقِيْلَ مَا زَادَ عَلَيْهِ وَقِيْلَ إِنَ الدِّرْهَمَ الْبَغَلِيَ أَيْ
قَدْرَهُ وَقِيْلَ مَا زَادَ عَلَيْهِ وَقِيْلَ مَا زَادَ عَلَى الظُّفْرِ اهـ شَرْحُ
مَنْظُوْمَةِ ابْنِ الْعِمَادِ اهـ
Cara
mensucikan minyak yang terkena najis
5.
Ibu Uswah termasuk istri yang setia pada
suaminya, ia tidak pernah telat menyajikan makanan untuk suami tercintanya. Disaat
sedang semangatnya ingin memasak, ternyata minyak gorengnya terdapat kotoran
cicak. Bukan itu saja, mentega yang disediakan untuk membuat adonan roti juga menjadi
sasaran kotorang cicak.
a.
Apakah minyak goreng yang kejatuhan najis
bisa disucikan?
b.
Dan apakah mantega yang terkena najis juga
dapat disucikan?
Jawab:
a.
Menurut
pendapat yang lemah, bisa disucikan. Mengenai caranya sebagai berikut; benda najisnya
dibuang dulu, kemudian tuangkan air sebanyak-banyaknya, lalu diaduk sampai
merata keseluruhan minyak.
b.
Dapat
disucikan. Sedangkan cara mensucikannya mudah sekali, cukup dengan membuang
benda najisnya serta bagian mentega yang terkena najis.
Referensi: Lberes rohmat)
& مغني المحتاج الجزء
1 صـ : 244 مكتبة دار الكتاب العلمبة
وَلَوْ نَجُسَ مَائِعٌ تَعَذَّرَ
تَطْهِيرُهُ وَقِيلَ يَطْهُرُ الدُّهْنُ بِغَسْلِهِ ( وَلَوْ نَجُسَ مَائِعٌ )
غَيْرُ الْمَاءِ وَلَوْ دُهْنًا ( تَعَذَّرَ تَطْهِيرُهُ ) إذْ لَا يَأْتِي
الْمَاءُ عَلَى كُلِّهِ لِأَنَّهُ بِطَبْعِهِ يَمْنَعُ إصَابَةَ الْمَاءِ (
وَقِيلَ يَطْهُرُ الدُّهْنُ بِغَسْلِهِ ) قِيَاسًا عَلَى الثَّوْبِ النَّجِسِ وَكَيْفِيَّةُ تَطْهِيرِهِ كَمَا ذَكَرَهُ فِي
الْمَجْمُوعِ أَنْ يَصُبَّ الْمَاءَ عَلَيْهِ وَيُكَاثِرَهُ ثُمَّ يُحَرِّكَهُ
بِخَشَبَةٍ وَنَحْوِهَا بِحَيْثُ يَظُنُّ وُصُولَهُ لِجَمِيعِهِ ثُمَّ يُتْرَكَ
لِيَعْلُوَ ثُمَّ يَثْقُبُ أَسْفَلَهُ فَإِذَا خَرَجَ الْمَاءُ سُدَّ اهـ
&
المجموع الجزء 9 صـ : 14 مكتبة مطبعة المنيرية
( فَرْعٌ ) وَقَعَتْ فَأْرَةٌ مَيْتَةٌ أَوْ
غَيْرُهَا مِنْ النَّجَاسَاتِ فِي سَمْنٍ أَوْ زَيْتٍ أَوْ دِبْسٍ أَوْ عَجِينٍ
أَوْ طَبِيخٍ أَوْ غَيْرِ ذَلِكَ قَالَ أَصْحَابُنَا حُكْمُهُ مَا فِي الْحَدِيثِ
الَّذِي ذَكَرَهُ الْمُصَنِّفُ أَنَّهُ إنْ كَانَ مَائِعًا نَجَّسَتْهُ وَإِنْ
كَانَ جَامِدًا أُلْقِيَتْ النَّجَاسَةُ وَمَا حَوْلَهَا وَبَقِيَ الْبَاقِي طَاهِرًا
قَالُوا وَضَابِطُ الْجَامِدِ أَنَّهُ
إذَا أُخِذَتْ مِنْهُ قِطْعَةٌ لَمْ يُرَادَّ إلَى مَوْضِعِهَا مِنْهُ عَلَى
الْقُرْبِ مَا يَمْلَؤُهَا فَإِنْ تَرَادَّ فَمَائِعٌ وَقَدْ سَبَقَتْ هَذِهِ
الْمَسْأَلَةُ فِي بَابِ إزَالَةِ النَّجَاسَةِ فِي مَسْأَلَةِ وُلُوغِ الْكَلْبِ
وَاَللَّهُ أَعْلَمُ .اهـ
Cara
mensucikan gula yang terkena najis
6.
Sungguh malang nasib mas Kafi yang sampai
saat ini belum punya pendamping hidup. Semua kebutuhannya tiada yang
menyiapkan. Bahkan untuk menikmati hangatnya kopi dipagi hari, Ia harus menyediakan sendiri. Ironisnya, tatkala mas
Kafi hendak membuat kopi, gula pasirnya tumpah dan tercampur dengan najis.
Apakah gula pasir yang terkena najis masih bisa disucikan?
Jawab: Bisa disucikan dengan cara digenangkan ke
dalam air.(rohmat beres)
Referensi:
&
حاشية البجيرمي على المنهج الجزء 1 صـ : 10 مكتبة دار الفكر العربي
( فَرْعٌ ) السُّكَّرُ
الْمُتَنَجِّسُ إنْ كَانَ قَبْلَ أَنْ يَنْعَقِدَ بِأَنْ تَنَجَّسَ عَسَلُهُ ثُمَّ
طُبِخَ سُكَّرًا لَمْ يَطْهُرْ وَإِنْ كَانَ تَنَجُّسُهُ بَعْدَ انْعِقَادِهِ
طَهُرَ بِنَقْعِهِ فِي الْمَاءِ اهـ
TAYAMMUN
1.
Sungguh malang nasib para penumpang Bus Harapan
Jadi. Pada saat dalam perjalan menuju ke gua Silo Mangkleng, Bus yang mereka
tumpangi ditabrak truk dari belakang, sehingga para penumpang terpental ke
aspal dan berguling-guling. Tapi alhamdulillâh, dalam kecelakaan
tersebut tidak ada korban meninggal, hanya saja kebanyakan dari para penumpang
mengalami luka-luka. Sekalipun begitu, oleh pihak dokter di wanti-wanti
untuk sementara waktu, luka tersebut jangan sampai terkena air, biar tidak
tambah parah.
PertanyaanLberes rohmat)
a. Bagaimana
cara bersucinya seseorang yang sebagian anggota wudlûnya tidak boleh terkena
air akibat luka?
Jawab: Bagian yang terluka,
digantikan dengan tayammum, sementara anggota yang lain, wajib dibasuh
sebagaimana biasa. Supaya anggota yang terluka tidak terkena air, sebaiknya
saat membasuh bagian yang dekat dengan luka, menggunakan potongan kain yang
telah dibasahi, kemudian kain tersebut diperas pelan-pelan, agar tetesannya
merata disekeliling anggota yang terluka. Jika luka terdapat di anggota
tayammum, maka anggota yang luka tersebut, wajib diusap dengan debu. Mengenai
pelaksanaan tayammum, harus dilakukan ketika sudah masuk waktu pembasuhan
bagian yang luka. Semisal luka terdapat pada tangan, maka tayammum dilakukan
setelah membasuh wajah. Namun dalam mandi besar, tayammum dapat dilakukan kapan
saja, karena mandi tidak disyaratkan harus tertib.
Referensi:
&
منهاج الطالبين
بحاشيتي قليوبي وعميرة الجزء 1 صـ : 96 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَإِذَا
امْتَنَعَ اسْتِعْمَالُهُ أَيْ الْمَاءِ فِي عُضْوٍ إنْ لَمْ يَكُنْ عَلَيْهِ
سَاتِرٌ وَجَبَ التَّيَمُّمُ وَكَذَا غَسْلُ الصَّحِيحِ عَلَى الْمَذْهَبِ - الى
ان قال - وَيَتَلَطَّفُ فِي غَسْلِ الصَّحِيحِ الْمُجَاوِرِ لِلْعَلِيلِ بِوَضْعِ
خِرْقَةٍ مَبْلُولَةٍ بِقُرْبِهِ وَيَتَحَامَلُ عَلَيْهَا لِيَنْغَسِلَ
بِالْمُتَقَاطِرِ مِنْهَا مَا حَوَالَيْهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَسِيلَ إلَيْهِ وَلَا
تَرْتِيبَ بَيْنَهُمَا أَيْ بَيْنَ التَّيَمُّمِ وَالْغَسْلِ لِلْجُنُبِ وُجُوبًا
وَالْأَوْلَى لَهُ تَقْدِيمُ التَّيَمُّمِ لِيُزِيلَ الْمَاءُ أَثَرَ التُّرَابِ
ذَكَرَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ فِي الْجُنُبِ وَنَحْوِهِ فِي الْمُحْدِثِ - الى
ان قال - فَإِنْ كَانَ
مَنْ بِهِ الْعِلَّةُ مُحْدِثًا فَالْأَصَحُّ اشْتِرَاطُ التَّيَمُّمِ وَقْتَ
غَسْلِ الْعَلِيلِ رِعَايَةً لِتَرْتِيبِ الْوُضُوءِ قَوْلُهُ ( لِيَنْغَسِلَ
إلَخْ ) فَهُوَ غَسْلٌ حَقِيقَةً فَإِنْ تَعَذَّرَ غَسْلُهُ غَسْلًا خَفِيفًا
كَمَا قَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَمَسَّهُ مَاءً بِلَا إفَاضَةٍ
وَلَا يَكْفِي مَسْحُهُ بِالْمَاءِ اهـ
&
حاشية
البيجوري الجزء الأول صـ : 96 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
فإنْ لَمْ
يَكُنْ عَلَيْهِ سَاتِرٌ وَجَبَ عَلَيْهِ التَّيَمُّمُ (قوله وَجَبَ عليه
التَّيَمُّمُ ) اى بَدَلًا عَنْ مَحَلِ الْعِلَّةِ فَاِنْ كَانَتْ فِي مَحَلِ
التَّيَمًّمِ فَلَا بُدَّ مِنْ إِمْرَارِ التُرَابِ عَلَى مَحَلِ الْعِلَّةِ مَا
أَمْكَنَ اهـ
b. Dan
bagaimana pula dengan bersuci dan shâlatnya seseorang yang seluruh anggota
badannya dipenuhi dengan luka?
Jawab: Bagi dia harus melakukan
shâlat tanpa bersuci terlebih dahulu, dan setelah sembuh, dia harus
mengulanginya.
Referensi:
&
فتاوى الرملي الجزء
1 صـ : 99 مكتبة الإسلامية
( سُئِلَ )
عَمَّا لَوْ عَمَّتْ الْجِرَاحَةُ أَعْضَاءَهُ وَعَجَزَ عَنْ اسْتِعْمَالِ
الْمَاءِ وَالتُّرَابِ فَهَلْ يَلْحَقُ بِفَاقِدِ الطَّهُورَيْنِ حَتَّى
تَلْزَمَهُ الْإِعَادَةُ أَمْ لَا ( فَأَجَابَ ) بِأَنَّهُ يَقْضِي مَا صَلَّى
عَلَى حَالَتِهِ الْمَذْكُورَةِ لِأَنَّهُ فَاقِدُ الطَّهُورَيْنِ إذْ الْفَقْدُ
الشَّرْعِيُّ كَالْحِسِّيِّ اهـ
2.
Anak muda zaman sekarang memang sulit diatur,
kalaupun dinasehati, mereka malah mengira kita benci padanya. Sebut saja mas
Dugal yang dikenal paling ugal-ugalan diantara teman-teman yang lain. Karena
sering ngebut dan antraksi disaat bermotor, tiang listrik yang diam seribu
bahasa ditabrak tanpa ampun, sampai peleg ban depannya menjadi angka delapan. Akibat
dari kecelakaan itu, Ia mengalami luka-luka dan patah tulang. Dan menurut
dokter, dia harus pasang gip pada bagian tulang yang patah.
PertanyaanLberes rohmat)
a. Bagaimana
cara bersucinya seseorang yang sebagian anggotanya dipasang gip atau dibalut
perban, sementara tidak mungkin membukanya?
Jawab: Cara bersucinya sama dengan cara bersucinya orang yang terluka. Yakni,
bagian yang diperban diganti dengan tayammum, dan anggota yang lain, wajib
dibasuh sebagaimana biasa. Disamping itu, juga berkewajiban mengusap perban
dengan air. Mengenai pelaksanaan tayammum dan mengusap perban, harus dilakukan
ketika sudah masuk waktu pembasuhan bagian yang luka. Semisal luka terdapat
pada tangan, maka tayammum dilakukan setelah membasuh wajah. Namun dalam hal
mandi besar, tayammum dapat dilakukan kapan saja, karena mandi tidak
disyaratkan harus tertib.
Referensi:
&
حاشيتا
قليوبي وعميرة الجزء 1 صـ : 97 مكتبة دار إحياء الكتب العربية
وَإِنْ كَانَ
بِالْعُضْوِ سَاتِرٌ كَجَبِيرَةٍ لَا يُمْكِنُ نَزْعُهَا بِأَنْ يَخَافَ مِنْهُ
مَحْذُورٌ مِمَّا سَبَقَ غَسَلَ الصَّحِيحَ وَتَيَمَّمَ كَمَا سَبَقَ وَيَجِبُ
مَعَ ذَلِكَ مَسْحُ كُلِّ جَبِيرَتِهِ بِمَاءٍ اسْتِعْمَالًا لِلْمَاءِ مَا
أَمْكَنَ - الى ان قال - وَيَمْسَحُ الْجُنُبَ مَتَى شَاءَ وَالْمُحْدِثُ وَقْتَ
غَسْلِ الْعَلِيلِ وَاحْتَرَزَ بِمَاءٍ عَنْ التُّرَابِ فَلَا يَجِبُ مَسْحُهَا
بِهِ إذَا كَانَتْ فِي مَحَلِّ التَّيَمُّمِ
اهـ
b. Benda apa
saja yang dapat dikategorikan sebagai jabîroh
(pareban)?
Jawab: Semua benda yang dapat
menutupi luka, mencakup kain, kapas, perban, salep dan sebagainya.
Referensi:
&
مغني المحتاج إلى
معرفة ألفاظ المنهاج الجزء 1 صـ : 256 مكتبة دار الكتب العلمية
( فَإِنْ
كَانَ ) عَلَى الْعُضْوِ الَّذِي امْتَنَعَ اسْتِعْمَالُ الْمَاءِ فِيهِ سَاتِرٌ (
كَجَبِيرَةٍ لَا يُمْكِنُ نَزْعُهَا ) لِخَوْفِ مَحْذُورٍ مِمَّا تَقَدَّمَ
بَيَانُهُ وَكَذَا اللَّصُوقُ بِفَتْحِ اللَّامِ وَالشُّقُوقُ الَّتِي فِي
الرِّجْلِ إذَا احْتَاجَ إلَى تَقْطِيرِ شَيْءٍ فِيهَا يَمْنَعُ مِنْ وُصُولِ
الْمَاءِ وَالْجَبِيرَةُ بِفَتْحِ الْجِيمِ وَالْجِبَارَةُ بِكَسْرِهَا خَشْبٌ
أَوْ قَصَبٌ يُسَوَّى وَيُشَدُّ عَلَى مَوْضِعِ الْكَسْرِ أَوْ الْخَلْعِ
لِيَنْجَبِرَ وَقَالَ الْمَاوَرْدِيُّ الْجَبِيرَةُ مَا كَانَ عَلَى كَسْرٍ
وَاللَّصُوقُ مَا كَانَ عَلَى جَرْحٍ وَمِنْهُ عِصَابَةُ الْفَصْدِ وَنَحْوِهَا
وَلِهَذَا عَبَّرَ الْمُصَنِّفُ بِالسَّاتِرِ لِعُمُومِهِ وَمَثَّلَ
بِالْجَبِيرَةِ اهـ
Jalan raya becek
3.
Jika musim hujan telah tiba, jalan-jalan
menjadi becek akibat genangan air yang merata dimana-mana. Kondisi semacam ini,
walaupun sudah memakai sandal yang tinggi, rasanya sulit sekali kaki kita terhindar
dari tanah yang becek tersebut. Padahal tanah disepanjang jalan itu tidak lepas
dengan yang namanya benda-benda najis. Apakah tanah yang menempel dikaki dalam kondisi
diatas hukumnya di ma’fu?(beres rohmat)
Jawab: Hukumnya di-ma’fu,
jika sulit untuk menghindarinya.
&
المنهاج القويم شرح المقدمة الحضرمية للهيتمي -
(ج 1 / ص 124)
وَعَنْ طِيْنِ الشَّارِعِ الَّذِيْ تُيُقِّنَ نَجَاسَتُهُ وَإِنِ اخْتَلَطَ
بِنَجَاسَةٍ مُغَلَّظَةٍ لِعُسْرِ تَجَنُّبِهِ وَإِنَّمَا يُعْفَى عَمَّا يَتَعَذَّر
أَيْ يَتَعَسَّرُ اْلاِحْتِرَازِ عَنْهُ غَالِبًا وَيَخْتَلِفُ بِالْوَقْتِ وَمَوْضِعِهِ
مِنَ الثَّوْبِ وَالْبَدَنِ فَيُعْفَى فِي الذَّيْلِ وَالرِّجْلِ فِيْ زَمَنِ الشِّتَاءِ
عَمَّا لاَ يُعْفَى عَنْهُ فِي الْكُمِّ وَالْيَدِّ وَالذَّيْلِ وَالرِّجْلِ زَمَنَ
الصَّيْفِ أَمَّا إِذَا لَمْ يَعْسُرْ تَجَنُّبِهِ فَلاَ يُعْفَى عَنْهُ كَالَّذِيْ
يُنْسَبُ صَاحِبَهُ لِسَقْطَةٍ أَوْ كَبْوَةٍ أَوْ قِلَّةِ تَحَفُّظٍ وَخَرَجَ بِالطِّيْنِ
عَيْنُ النَّجَاسَةِ فَلاَ يُعْفَى عَنْهَا وَبِتُيُقِّنَ نَجَاسَتُهَ مَا لَوْ غَلَبَتْ
عَلَى الظَّنِّ فَإِنَّهُ طَاهِرٌ لِلْأَصْلِ . اهـ
0 komentar:
Post a Comment